Rabu 24 Jun 2020 13:04 WIB

Sembrani Nusantara Siap Salurkan Rp 300 M untuk Start-up

BRI Ventures fokus mencari bisnis dengan fundamental yang kuat.

Rep: Novita Intan/ Red: Fuji Pratiwi
Laman resmi PT BRI Ventura Investama (BRI Ventures).  BRI Ventures meluncurkan Dana Ventura Sembrani Nusantara yang memberi kemudahan akses modal kepada startup Tanah Air.
Foto: briventures.id
Laman resmi PT BRI Ventura Investama (BRI Ventures). BRI Ventures meluncurkan Dana Ventura Sembrani Nusantara yang memberi kemudahan akses modal kepada startup Tanah Air.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT BRI Ventura Investama (BRI Ventures) memberikan kemudahan akses modal awal untuk UMKM rintisan berbasis teknologi (start-up). Sejalan dengan hal tersebut, BRI Ventures meluncurkan Dana Ventura Sembrani Nusantara.

Chief Executive Officer (CEO) BRI Ventures Nicko Widjaja mengatakan, perusahaan menargetkan pengumpulan dana investasi senilai Rp 300 miliar dari investor. Dana tersebut akan disalurkan dalam bentuk penyertaan saham kepada start-up di Indonesia. Investor dapat berasal dari pengelola dana investasi, perusahaan swasta, atau BUMN.

Baca Juga

"Harapan kami, start-up semakin terbuka sehingga makin banyak orang dapat mengerti lanskap digital. Pada akhirnya, kita bersama-sama mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Tanah Air," ujar Nicko saat konferensi pers virtual, Rabu (24/6).

Sembrani Nusantara telah mendapatkan restu dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sembrani, kuda tunggangan Batara Wisnu dalam cerita pewayangan, merupakan representasi sebuah unicorn dengan kearifan lokal. Dengan moto "Unlocking Nusantara Potential", Dana Ventura Sembrani Nusantara menjadi komitmen BRI Ventures mendukung pertumbuhan ekosistem digital. 

"Dalam ekosistem digital hari ini, lanskap sudah mulai bergeser dari growth at all cost menjadi sustainable growth," kata Nicko.

Terobosan ini, menurut Nicko, juga selaras dengan strategi BRI sebagai perusahaan induk yang memiliki komitmen pemberdayaan UMKM di Indonesia. Kehadiran Dana Ventura Sembrani Nusantara diharapkan mampu mengakselerasi ekspansi start-up lokal dengan menghadirkan produk atau jasa digital.

Pendanaan akan difokuskan untuk seed-growth stage yang terdiri atas seed funding dan pendanaan awal Seri A (Series A). BRI Ventures fokus mencari bisnis dengan fundamental yang kuat. Adapun sektor yang menjadi fokus utama Sembrani Nusantara adalah lima sektor dengan sebutan EARTH, yaitu sektor pendidikan (education), agro-maritim (agro-maritime), ritel (retail), transportasi (transportation), dan kesehatan (health) di seluruh Indonesia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement