Rabu 24 Jun 2020 13:04 WIB

Kemensos Beri Bantuan Warga Ber-KTP Luar Tangsel

Ada warga tak ber-KTP Tangsel tapi terdampak dan diusulkan mendapatkan bansos.

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany dalam kegiatan penyaluran bansos presiden di Serpong, Tangsel
Foto: Republika/Abdurrahman Rabbani
Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany dalam kegiatan penyaluran bansos presiden di Serpong, Tangsel

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota Tangerang Selatan menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Sosial karena memberikan bantuan paket sembako kepada warga pendatang yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) di luar daerah Tangerang Selatan (Tangsel)."Pada kesempatan yang baik ini juga, saya berterima kasih atas nama masyarakat, dimana Kemensos tidak pernah kaku untuk data," kata Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany di Tangerang, Rabu (24/6).

Dia mengatakan, manakala memang ada yang terdampak di bulan ini, pemerintah daerah setempat mengonfirmasi kebenaran datanya dan mengajukan data penerima tersebut ke pusat. Ketidakkakuan data yang disebut Airin itu adalah soal pendatang yang memang warga ber-KTP di luar Tangsel tetapi tetap mendapat bantuan dari Kemensos.

Baca Juga

"Ini contohnya, (penerima) di sini baru kita masukkan karena dia tidak ber-KTP Tangsel, tapi terdampak, dan kita usulkan, lalu direspons cepat oleh Kemensos," tutur dia.

Sebelumnya, pada hari Selasa (23/6), Menteri Sosial, Juliari P Batubara menyerahkan bantuan sosial (bansos) sembako kepada warga yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) di luar daerah Tangerang Selatan (Tangsel). "Prinsipnya, pemerintah daerah yang paling paham kondisi di daerahnya sendiri, siapa yang paling berhak menerima, kondisinya seperti apa," kata Mensos saat penyerahan sembako di Kelurahan Rawa Buntu, Tangerang Selatan.

Dalam berbagai kesempatan, Mensos Juliari juga kerap menyampaikan bahwa Kemensos tidak menutup kemungkinan bagi warga dengan KTP di luar Jabodetabek diberi sembako selama ia benar-benar terdampak Covid-19. "Kami (Kemensos) hanya menganggarkan dan menyalurkan saja, kebetulan karena program ini berlanjut, sampai Desember, kita harapkan yang sudah baik ini pendataannya akan lebih baik lagi, akan lebih tepat lagi," ujarnya.

Mensos, yang hadir didampingi Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Pepen Nazaruddin, menyerahkan setidaknya 1.164 paket sembako secara simbolis kepada warga RW 002 Kelurahan Rawa Buntu, Serpong, Tangerang Selatan. Tidak cukup hanya penyerahan secara simbolis, bersama Wakil Gubernur Provinsi Banten, Andika Hazmury, dan Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, Mensos bahkan menyambangi langsung rumah-rumah warga guna memastikan sembako sampai ke tangan penerima.

Sementara itu, Redi Wahyudi (34), warga non Tangsel beruntung sembakonya diantar langsung ke rumahnya oleh Mensos, merupakan warga perantau asal Palembang, Sumatera Selatan. "Saya KTP daerah Sumatera Selatan, (di sini) cuma ngontrak. Sementara tinggal di Tangsel untuk bekerja,” ujar Redi.

Ia mengisahkan kali pertama didata oleh Ketua RT setempat sebagai calon penerima bansos sembako, “Jadi, ini penambahan, (sembako) ini seharusnya untuk orang-orang dengan KTP Tangsel, sedangkan saya bukan (KTP) Tangsel, Pak RT minta KTP dan KK, terus mungkin dilihat kami bukan orang mampu, dari situ kami didata,” ujarnya.

Redi Mengaku sudah empat tahun terakhir tinggal di Tangsel. Dia bekerja sebagai satpam pada sebuah perusahaan terdampak akibat Covid-19. Redi dan keluarga bersyukur mendapat sembako seperti warga Tangsel lainnya. “Kami bersyukur sekali, soalnya kami bukan orang setempat, tapi karena kebijakan RT yang meninjau langsung ke warganya, jadi kami dapat,” ungkapnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement