Wednesday, 17 Zulqaidah 1441 / 08 July 2020

Wednesday, 17 Zulqaidah 1441 / 08 July 2020

Umar bin Khattab dan Bayi yang Lahir Setelah Ibunya Wafat

Rabu 24 Jun 2020 06:35 WIB

Red: Muhammad Hafil

Umar bin Khattab dan Bayi yang Lahir Setelah Ibunya Wafat. Foto ilustrasi: Pemakaman Baqi diperuntukan bagi jamaah haji yang wafat di Madinah, Arab Saudi.

Umar bin Khattab dan Bayi yang Lahir Setelah Ibunya Wafat. Foto ilustrasi: Pemakaman Baqi diperuntukan bagi jamaah haji yang wafat di Madinah, Arab Saudi.

Foto: Republika/Dewi Mardiani
Kisah Umar bin Khattab dan Bayi yang Lahir Setelah Ibunya Wafat

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Suatu hari, Khalifah Umar bin Khattab pergi memantau keadaan rakyatnya. Tiba-tiba, dia melihat seorang laki-laki yang sedang menggendong anaknya di atas pundaknya.

"Saya belum pernah melihat seorang anak yang sangat mirip dengan ayahnya lebih dari anak ini!" komentar Umar.

"Wahai Amirul Mukminin, demi Allah, anak ini dilahirkan ibunya setelah dia meninggal dunia," jawab laki-laki itu.

Umar terkejut dengan pernyataannya itu. "Celaka dirimu! Yang benar saja, bagaimana bisa begitu?" tanya Umar.

Laki-laki itu menjawab, "Ketika itu saya dikirim tugas keluar daerah, begini dan begini. Saya meninggalkan istri saya saat sedang hamil. Saya mengatakan kepadanya, "Saya menitipkan janin yang ada di perutmu kepada Allah. Setelah selesai tugas dan pulang ke rumah, saya mendapatkan kabar istri saya sudah meninggal. Kemudian suatu malam saya sedang duduk di kuburan Baqi (kompleks pemakaman di Madinah) bersama sepupu-sepupu saya. Tiba-tiba ada cahaya yang mirip seperti lampu di kuburan. Saya bertanya kepada mereka, "Apa ini?"

Mereka menjawab, "Kami tidak tahu. Yang jelas cahaya ini setiap malam menyinari kuburan istrimu!" Saya lalu mengambil kapak dan peralatan lain untuk menggali kuburannya. Saya masuk ke dalam. Tiba-tiba saya melihat anak ini di perut ibunya. Saya terkejut. Tiba-tiba ada suara yang memanggil, "Wahai engkau yang menitipkan seorang anak kepada Rabb-mu, ambillah titipanmu ini! Seandainya waktu itu saya menitipkan istri saya, maka saya akan mendapatkan istri saya masih hidup. Saya kemudian mengambil anak ini dan menutup kuburan itu kembali."

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA