Rabu 24 Jun 2020 02:00 WIB

Hadapi Bilbao Pagi Ini, Messi Bikin Gol Aneh Biasanya

Lionel Messi mencetak 24 gol saat menghadapi Athletic Bilbao di berbagai kompetisi.

Lionel Messi
Foto: EPA-EFE/Alberto Estevez
Lionel Messi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barcelona akan menjamu Athletic Bilbao dalam lanjutan laga La Liga Spanyol pada Rabu (24/6) dini hari pukul 03.00 WIB. Biasanya, ketika menghadapi Bilbao, Lionel Messi mencetak gol "aneh" yang mengagumkan.

Messi sudah 24 kali merobek jala Athletic Bilbao dalam sejumlah kompetisi. Berikut sejumlah gol Messi saat membela Barcelona kala menghadapi Athletic Bilbao.

1. Barcelona 3-1 Athletic Bilbao (Babak 16 besar Copa del Rey 2016/2017)

Barcelona menjamu Athletic Bilbao pada leg kedua dalam kondisi tertinggal agregat. Pasalnya, Lionel Messi dan kawan-kawan sebelumnya menelan kekalahan 1-2 pada leg pertama di San Memes.

Barcelona langsung tampil menggebrak dengan memimpin 2-0 lewat gol Luis Suarez dan Neymar pada babak pertama. Namun, Athletic mampu mencetak gol ketika babak kedua berjalan enam menit. Kedudukan menjadi 2-1 sehingga agregat sama kuat 3-3.

"Setelah berkali-kali berupaya menjebol gawang Athletic Bilbao, pada menit ke-78 wasit memberi hadiah tendangan bebas kepada Barcelona," kata laporan Barcauniversal.com. "Leo sadar bahwa dia harus mampu mencetak gol untuk mengamankan langkah Barcelona ke babak selanjutnya."

Itulah yang dilakukan Messi, yang membawa Barcelona menang 3-1 untuk lolos ke babak 8 besar Copa del Rey 2016/2017. Messi mengambil eksekusi tendangan bebas dengan sempurna. Bola diangkat dengan lembut untuk melewati barisan "dinding hidup" pemain Athletic, sebelum melesat tajam ke sisi kanan bawah gawang Gorka Iraizoz. "Messi menipu semua orang."

2. Barcelona 3-0 Athletic Bilbao (Final Copa del Rey 2011/2012)

Laga ini menjadi pertemuan terakhir pemain Barcelona dengan pelatih Pep Guardiola. Karena itu, Messi sangat ingin mempersembahkan gol sebagai kado perpisahan untuk sang pelatih.

Pedro membuka kemenangan Barcelona ketika pertandingan baru berjalan tiga menit. Pada menit ke-20, giliran Messi mencetak gol sebelum Pedro kembali mencetak gol berselang lima menit kemudian. Barcelona keluar sebagai juara dengan kemenangan 3-0 atas Athletic Bilbao.

Gol Messi sungguh unik. Gol ini berawal dari Andres Iniesta yang menggiring bola di tengah lapangan. Ada Pedro Rodríguez yang berdiri di dekatnya, di dekat kotak penalti Athletic Bilbao. Namun, Iniesta melihat pergerakan Messi yang memotong cepat dan taktis ke jantung pertahanan Athletic.

Iniesta langsung menyodorkan umpan ke Messi. Meski posisinya sulit dengan sudut sempit, Messi tetap mampu melepaskan tembakan yang mampu menjebol gawang Athletic. "Bagaimana caranya? Tidak ada yang tahu. Namun, itu jelas merupakan gol yang luar biasa."

3. Athletic Club 2–2 Barcelona (Laga pekan ke-33 La Liga 2012/2013)

Barcelona butuh motivasi setelah menelan kekalahan telak 0-4 dari Bayern Muenchen pada leg pertama semifinal Liga Champions. Laga untuk melecut motivasi pemain Barcelona adalah laga menghadapi tuan rumah Athletic Bilbao pada pekan ke-33 La Liga Spanyol. Laga ini diapit leg pertama dan leg kedua semifinal Liga Champions menghadapi raksasa Jerman itu.

Namun, sayangnya, Barcelona harus tertinggal lebih dahulu dari tuan rumah Athletic Bilbao. Barcelona tampil buruk sepanjang 45 menit babak pertama. Barcelona baru mulai mendominasi pada babak kedua. 

Setelah melakukan serangkaian percobaan, Messi akhirnya mendapat kesempatan emas pada menit ke-60. Thiago Alcantara menyodorkan umpan manis kepada Messi.

Sempat menahan beberapa detik, Messi langsung cepat menggiring bola melewati adangan pemain pertama Athletic Bilbao. Ia kemudian mengelabui pemain kedua. Dengan gerakan efektif, Messi melewati dua pemain Athletic lainnya. Ia pun mengakhirinya dengan melepaskan tembakan kaki kiri yang menggetarkan gawang tuan rumah.

"Itu merupakan salah satu dari banyak gol Messi menghadapi Athletic Bilbao. Namun, gol ini jelas masuk daftar paling atas."

Gol Messi menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Alexis Sanchez membawa Barcelona balik memimpin 2-1. Namun, pada menit injury time tuan rumah mampu menyamakan kedudukan menjadi imbang 2-2.

4. Barcelona 3–1 Athletic Bilbao (Final Copa del Rey 2014/2015)

Laga ini bukan sekadar laga final. Barcelona telah mengunci gelar La Liga dan lolos ke final Liga Champions. Jika mampu menjuarai Copa Del Rey, Barcelona berpeluang mengakhiri musim dengan status treble winners.

Hal itu melecut motivasi pemain Barcelona untuk memenangkan pertandingan. Pada menit ke-20, Messi menerima umpan pendek. Ia kemudian menggiring bola dengan membuat orkestra yang melewati sejumlah pemain bertahan Athletic Bilbao.

Dengan cukup sabar, tetapi pada saat bersamaan meledak-ledak, Messi menemukan ruang untuk melepaskan tembakan yang melewati tiga pemain Athletic. Messi membuka gol untuk membawa Barcelona menang 3-1.

"Tanpa sebuah keraguan, itu merupakan salah satu gol yang kita semua kenang, terutama karena gol tersebut masuk nominasi Puskas 2015," kata Barcauniversal.com.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement