Selasa 23 Jun 2020 19:35 WIB

Laboratorium Sekolah Didirikan untuk Siswa Bantar Gebang

Terdapat kurang lebih 250 siswa yang tengah mengenyam pendidikan di sekolah tersebut.

Rep: Mabruroh/ Red: Andi Nur Aminah
 Perwakilan K-eco Pax Global Michael Sou Myung Ryul, serta Effendi Go dan perwakilan dari DLH DKI Jakarta, saat peresmian bangunan labolatorium komputer di Sekolah Alam Tunas Mulia, Sumur Batu, Bantar Gebang, Kota Bekasi, Selasa (23/6)
Foto: Istimewa
Perwakilan K-eco Pax Global Michael Sou Myung Ryul, serta Effendi Go dan perwakilan dari DLH DKI Jakarta, saat peresmian bangunan labolatorium komputer di Sekolah Alam Tunas Mulia, Sumur Batu, Bantar Gebang, Kota Bekasi, Selasa (23/6)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Korea Environment Corporation-Pax Global Group mendirikan bangunan labolatorium komputer di Sekolah Alam Tunas Mulia, Sumur Batu, Bantar Gebang, Kota Bekasi. Laboratorium tersebut dibangun untuk memfasilitasi anak-anak pemulung yang mengenyam pendidikan.

Direktur Korea Environment Corporation-Pax Global Group, Efendi Go mengatakan, terdapat dua ruang dalam satu bangunan yang didirikan. Dua ruangan itu diperuntukkan untuk kegiatan belajar mengajar baik praktik maupun teori di Sekolah Alam Tunas Mulia.

Baca Juga

"Ini bentuk CSR kami dan sudah di wacanakan sejak tahun lalu. Namun, karena ada beberapa kendala seperti hujan hingga menyebabkan banjir dan bencana (Covid-19). Saat ini baru kita selesaikan,” kata Efendi di Sekolah Alam Tunas Mulia, Selasa (23/6).

Peresmian bangunan dilakukan pada Selasa, (23/6) oleh perwakilan K-eco Pax Global Michael Sou Myung Ryul, serta Effendi Go dan perwakilan dari DLH DKI Jakarta. Pembangunan labolatorium ini sendiri bertujuan untuk membentuk karakter anak agar paham dengan teknologi.

Sekolah Alam Tunas Mulia merupakan lembaga pendidikan khusus anak-anak pemulung di Bantar Gebang. Bantuan berupa bangunan dan fasilitas laboratorium komputer merupakan bentuk dukungan pihaknya sebagi mitra kerja Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta untuk kemajuan pendidikan di kawasan Bantar Gebang.

Efendi menuturkan, nilai bantuan yang diberikan sekitar Rp 550 juta. Bangunan laboratorum dua ruangan bercat hijau saat ini sudah resmi dapat digunakan untuk siswa belajar komputer. "Kita lengkapi dengan jaringan internet, 10 unit komputer dan juga CCTV, program kita memang ingin mensuport anak-anak pemulung karena K-eco sendiri bergerak di bidang lingkungan," terangnya.

Efendi berharap, bantuan fasilitas laboratorium ini dapat bermanfaat besar. Sehingga, siswa Sekolah Alam yang didominasi anak-anak pemulung dapat memiliki wawasan mengenai teknologi.

"Harapan kami dari generasi sekolah anak-anak di sini bisa mengenal teknologi bagaimana mereka bisa mengoperasikan komputer, harapan kami mereka bisa tumbuh," tegasnya.

Sekolah Alam Tunas Mulia terdiri dari tiga jenjang pendidikan mulai dari PAUD, SD, dan SMP. Saat ini, terdapat kurang lebih 250 siswa yang tengah mengenyam pendidikan di sekolah tersebut.

Nadam selaku pengelola sekaligus pendiri yayasan mengatakan, konsep Sekolah Alam yang dibangun merupakan sekolah informal. Siswa PAUD belajar setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu, pagi hingga siang hari. Sementara untuk tingkat SD dan SMP belajar tiap Senin, Rabu, dan Jumat mulai pukul 13.00 WIB.

"Kita memang tidak setiap hari, karena masih ada beberapa siswa yang oleh orang tuanya bekerja sebagai pemulung, sekolah ini sekolah informal, mereka untuk ujian akhirnya akan ikut ujian kesetaraan," jelas Nadam.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement