Selasa 23 Jun 2020 19:21 WIB

Apple Perkenalkan MacOS Big Sur dengan UI Dirancang Ulang

Rilis baru ini menghadirkan UI baru dan perubahan signifikan pada aplikasi utama.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Apple telah mengumumkan iterasi terbaru dari sistem operasi desktop perusahaan, macOS Big Sur (Foto: ilustrasi Apple)
Foto: EPA-EFE/MAHMOUD KHALED
Apple telah mengumumkan iterasi terbaru dari sistem operasi desktop perusahaan, macOS Big Sur (Foto: ilustrasi Apple)

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Apple telah mengumumkan iterasi terbaru dari sistem operasi desktop perusahaan, macOS Big Sur. Rilis baru ini menghadirkan UI baru dan perubahan signifikan pada beberapa aplikasi utamanya.

Big Sur menampilkan salah satu perubahan paling komperehensif untuk desain macOS sejak rilis Mac OS X. Apple memiliki jendela aplikasi dengan skema warna baru, efek transparansi dan sudut bundar, menu bar transparan, penuh sidebar tinggi, floating dock baru dan set aplikasi yang sama sekali baru.

Baca Juga

Ada bilah geser baru, checkboxes, simbol dan ikonografo yang diperbarui di mana-mana. Tombol muncul dan menghilang di jendela aplikasi seperti yang diperlukan dan item menu bar sekarang lebih berjarak. Seluruh UI terlihat diperbarui secara signifikan ketika semua ini disatukan.

Big Sur juga menghadirkan Control Center yang semuanya baru. Pengguna bisa dapat menarik keluar beberapa item di sini untuk disematkan ke bilah menu untuk akses yang lebih cepat tanpa harus menurunkan Control Center.

Ada juga Pusat Pemberitahuan baru, yang sekarang dapat dipanggi dengan mengklik jam di sudut. Di sini notifikasi yang ada bergaya iOS dan juga antarmuka widget baru yang terinspirasi oleh iOS 14.

Pada intunya, macOS Big Sur menghadirkan peningkatan. Safari sekarang memiliki halaman awal baru dengan gambar latar belakang yang dapat disesuaikan dan bagian-bagian seperti Reading List dan iClouds Tabs mirip dengan browser populer lainnya.

Safari sekarang juga dapat mendeteksi ketika pengguna berada di halaman dengan bahasa asing dan menawarkan untuk menerjemahkannya. Tab UI juga telah diubah dengan peningkatan kepadatan tab, pratinjau halaman saat melayang-melayang di perangkat dan kemampuan menutup sekelompok tab sekaligus. Safari sekarang lebih cepat dari sebelumnya dengan Apple mengklaim kinerja hingga 50 persen daripada Chrome.

Fitur keamanan baru lainnya di Safari, termasuk tombol Laporan Privasi baru, yang menunjukkan pelacak mana yang diblokir oleh browser. Browser juga memeriksa kata sandi yang disimpan untuk melihat apakah mereka terlibat pelanggaran data.

Pesan di macOS Big Sur mendapatkan peningkatan yang sama dengan iOS 14, termasuk kemampuan untuk menyematkan kontak favorit di bagian atas dan fitur pencarian yang didesain ulang. Pengguna sekarang juga dapat mengakses efek seperti balon dan confetti untuk pesan mereka dan membuat memoji. Ada juga pemilih foto baru dan GIF serta pencarian gambar.

Seperti yang dilansir dari GSM Arena, Selasa (23/6), macOS Big Sur akan hadir tahun ini di musim gugur. Versi beta untuk pengembang dirilis pada Senin (22/6) dan versi beta untuk publik akan tersedia pada Juli. macOS Big Sur akan mendukung MacBook (2015 dan lebih tua), MacBook Air (2013 dan lebih baru), MacBook Pro (akhir 2013 dan yang lebih baru), Mac mini (2014 dan lebih baru), iMac (2014 dan lebih baru), iMac Pro dan Mac Pro (2013 dan lebih baru).

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement