Selasa 23 Jun 2020 08:26 WIB

Wasit Ini Jadi Perhatian Sebelum Laga Barcelona Vs Bilbao

Gil Manzano telah menjadi wasit Barcelona 23 kali dan melepas enam kartu merah.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Wasit Gil Manzano (kanan) saat mengkartu merah pemain Barcelona.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Wasit Gil Manzano (kanan) saat mengkartu merah pemain Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barcelona akan melakoni laga lanjutan La Liga Spanyol melawan Athletic Bilbao pada Rabu (23/6). Ini menjadi kesempatan bagi Barcelona untuk merebut kembali posisi pemuncak klasemen.

Namun, publik justru lebih memperhatikan tentang wasit Jesus Gil Manzano, yang memberikan keputusan kontroversial dalam laga Real Madrid melawan Real Sociedad, Senin (22/6). Keputusan VAR saat itu membawa kemenangan bagi Real Madrid 2-1 atas Sociedad.

Madrid memetik kemenangan lewat gol-gol Sergio Ramos dan Karim Benzema di babak kedua. Insiden pertama terjadi pada gol Adnan Januzaj yang dianulir karena wasit menilai Mikel Merino berada di posisi offside. Meski tak menyentuh bola, Merino dianggap offside karena menghalangi pandangan kiper.

Kemudian, kontroversi lain ketika Karim Benzema mencetak gol kemenangan Madrid di menit ke-70. Tayangan ulang menunjukkan Benzema mengontrol bola dengan lengannya, yang menurut sebagian pemain handball, tapi tidak menurut wasit. Penggunaan VAR di kedua insiden itu pun diragukan dan wasit dianggap tidak adil.

Mengutip dari Marca, Selasa (23/6), sebelumnya Gil Manzano pernah menjadi pusat perhatian dalam lawatan Barcelona ke markas Real Sociedad musim ini. Laga itu berakhir imbang 2-2, namun berbuntut pada keluhan Barcelona kepada Federasi Sepak Bola Spanyol tentang keputusan VAR.

Itu bukan pertama kalinya Manzano bentrok dengan Barcelona. Bek veteran Barca Gerard Pique pun pernah melakukan diskusi panas dengannya pada 2018/2019.

Pique juga pernah mengeluh di Twitter pada 2017 tentang keputusan Gil Manzano dalam kemenangan 3-2 untuk Real Madrid saat melawan Villarreal. Yakni, ketika tim tamu bangkit dari ketinggalan untuk menang dengan penalti kontroversial.

Gil Manzano telah menjadi wasit Barcelona 23 kali, dengan 15 kemenangan untuk tim Katalan, lima imbang, tiga kekalahan, plus enam kartu merah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement