Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Mohamed Salah, Cristiano Ronaldo-nya Liverpool

Selasa 23 Jun 2020 00:13 WIB

Red: Didi Purwadi

Selebrasi Mohamed Salah setelah mencetak gol pertama Liverpool dari titik penalti pada laga antara West Ham Utd dan Liverpool di London Stadium, London, Kamis (30/1).

Selebrasi Mohamed Salah setelah mencetak gol pertama Liverpool dari titik penalti pada laga antara West Ham Utd dan Liverpool di London Stadium, London, Kamis (30/1).

Foto: David Klein/Reuters
Liverpool memiliki Mohamed Salah yang perannya sama seperti Cristiano Ronaldo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wayne Rooney, legenda hidup Manchester United, yakin Liverpool mampu memenangkan gelar Liga Primer Inggris. Karena, Liverpool memiliki Mohamed Salah yang dinilai perannya sama seperti Cristiano Ronaldo bersama Manchester United.

‘’Mo Salah mulai melakukan apa yang dilakukan Cristiano Ronaldo untuk Manchester United,’’ ujar Rooney, seperti dikutip dari Express.co.uk, Senin (22/6).

Di bawah besutan Sir Alex Ferguson pada musim awal 2000an, MU memainkan formasi 4-3-3 dengan trio Wayne Rooney, Cristiano Ronaldo, dan Carlos Tevez sebagai ujung tombak. Trio maut MU membuat gentar sebagian pertahanan klub-klub Liga Primer Inggris saat itu.

CR7 yang menjadi ruhnya. Kecepatan dan kekuatan pemain Portugal itu membuat pekerjaan rekan setimnya menjadi lebih mudah. Termasuk Rooney yang saat itu banyak menerima manfaat dari aksi cepat serangan balik Ronaldo yang mampu merobek-robek garis pertahanan tim lawan.

Di mata Rooney, sosok Ronaldo itu kini terdapat pada diri Salah. Dalam formasi 4-3-3, manager Juergen Klopp memadukan trio Sadio Mane, Roberto Firminho dan Mohamed Salah sebagai ujung tombak Liverpool.

‘’Sama seperti Ronaldo di Manchester United, Mo Salah ditempatkan untuk tidak benar-benar turun ke belakang membantu barisan pertahanan,’’ katanya. ‘’Tapi, dia ditempatkan untuk menjadi ancaman bagi tim lawan.’’

‘’Dan jika Anda pemain bertahan atau gelandang, maka Anda pasti akan ketakutan dengan serangan baliknya (Mohamed Salah) yang cepat,’’ ujar Rooney.

Bersama Ronaldo, Manchester United mampu tiga kali meraih gelar juara Liga Primer Inggris. Sang pemain pun lima kali menyabet gelar Ballon d’Or

Salah, menurut Rooney, pun diyakini mampu membawa Liverpool memenangkan gelar Premier League yang dinantikan selama 30 tahun. ‘’Mohamed Salah merupakan salah satu lampu yang menuntun Liverpool meraih gelar Liga Primer,’’ katanya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA