Senin 22 Jun 2020 16:54 WIB

Ratu Inggris Selalu Menyantap Makanan Sesuai Musim

Meski pemilih, Ratu Inggris tak pernah menolak cokelat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Ratu Elizabeth II hanya menyantap makanan sesuai musim dan tak mau mengonsumsi yang dimodifikasi secara genetis.
Foto: Toby Melville/Pool via AP
Ratu Elizabeth II hanya menyantap makanan sesuai musim dan tak mau mengonsumsi yang dimodifikasi secara genetis.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Menjadi penguasa kerajaan bukan berarti bebas melakukan apa saja. Pada sebuah wawancara dengan Recipes Plus, mantan chef kerajaan Inggris Darren McGrady mengungkap bahwa Ratu Elizabeth II menjalani aturan makan yang cukup ketat.

Ratu yang kini berusia 94 tahun memang punya akses ke koki terbaik di dunia, tetapi dia tidak bisa menyantap apapun yang diinginkan saat itu juga. McGrady mengatakan, Ratu Inggris cukup pemilih dan hanya menyantap makanan sesuai musim.

Baca Juga

Sang ratu memerhatikan musim tanam maupun musim panen di Inggris. Salah satu contohnya, Ratu Elizabeth II sangat menyukai buah stroberi. Berapapun banyaknya kiriman stroberi ke kerajaan di musim panas, sang Ratu tidak akan protes.

"Coba sertakan stroberi pada menu di bulan Januari dan dia akan menghapusnya dan berkata 'jangan berani-berani mengirimi saya stroberi yang dimodifikasi secara genetis'. Dia benar-benar makan apapun secara musiman," kata McGrady.

Ratu Elizabeth II disebutnya memiliki buku menu khusus dengan sampul merah berbahan kulit. Para koki menawarkan menu dan Ratu akan mencoretkan garis pada menu yang tidak dia inginkan. Selain itu, Sang Ratu juga rutin minum susu perah setiap hari.

McGrady menyampaikan, sang Ratu tidak keberatan menyantap satu hal sepanjang tahun, yakni cokelat. Pria yang bekerja untuk keluarga Kerajaan Inggris selama 15 tahun itu menyebut Ratu sangat menggandrungi cokelat alias "chocoholic".

"Menu apapun yang kami masukkan dan mengandung cokelat, dia akan memilihnya," ujar McGrady, seperti dikutip dari laman The Sun, Senin (22/6).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement