Senin 22 Jun 2020 16:12 WIB

Presiden Polandia akan Bertemu Donald Trump Saat Pandemi

Presiden Polandia akan jadi pemimpin asing pertama kunjungi Gedung Putih saat pandemi

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Presiden Polandia Andrzej Duda
Foto: AP Photo/Czarek Sokolowski
Presiden Polandia Andrzej Duda

REPUBLIKA.CO.ID,WARSAWA -- Presiden Polandia, Andrzej Duda akan terbang ke Washington untuk bertemu Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump pada Rabu (24/6) mendatang. Duda akan menjadi pemimpin asing pertama yang mengunjungi Gedung Putih di tengah pandemi virus corona.

Kepala Staf Presiden Polandia, Krzysztof Szczerski mengatakan, Presiden Duda dan Presiden Trump akan membahas kesehatan, keamanan, dan pembangunan. Duda terbang ke Washington menjelang pemilihan presiden Polandia yang akan digelar pada 28 Juni.

Baca Juga

"Saya dapat mengatakan akan ada kabar baik dari Washington. Akan ada tiga topik utama yakni kesehatan, investasi dan pembangunan, dan keamanan," ujar Szczerski.

Szczerski mengatakan, topik keamanan akan mencakup bidang energi dan cybersecurity. Kerja sama AS dan Polandia dalam energi nuklir juga akan dibahas dalam pembicaraan. Selain itu, kedua pemimpin negara juga akan membahas upaya bersama untuk menangani pandemi virus corona.

"Duda juga akan membahas masalah keamanan negara-negara di kawasan itu," kata Szczerski.

Pada Juni tahun lalu, Presiden Trump sepakat untuk mengirim 1.000 pasukan ke Polandia. Namun pekan lalu, Reuters melaporkan bahwa kesepakatan itu terganjal oleh perselisihan tentang pendanaan dan penempatan pasukan.

Sebelumnya, Trump mengatakan bahwa AS akan memotong jumlah pasukannya di Jerman sebanyak 9.500 menjadi 25.000. Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki berharap beberapa dari pasukan tersebut akan dipindahkan ke Polandia. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement