Senin 22 Jun 2020 10:06 WIB

Terkenal Berkat 'Lathi', Sara Fajira Mengaku Dilirik Titi DJ

Sara Fajira berkolaborasi dengan Weird Genius di lagu 'Lathi'.

Tangkapan layar penampilan Sara Fajira dalam video klip lagu Lathi yang dibawakannya bersama Weird Genius.
Foto: Youtube Weird Genius
Tangkapan layar penampilan Sara Fajira dalam video klip lagu Lathi yang dibawakannya bersama Weird Genius.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sara Fajira mulai dikenal penikmat musik setelah berkolaborasi dengan Weird Genius dalam lagu "Lathi" yang viral di dunia maya. Tampil dalam video musik "Lathi", Sara mencuri perhatian berkat penampilan dan suaranya yang khas, terutama saat dia menyanyikan lirik bahasa Jawa di lagu bernuansa EDM tersebut.

Banyak penikmat musik yang memuji Sara Fajira dan Weird Genius karena mampu menggabungkan unsur tradisional dan modern kedalam lagu tersebut. Bahkan di dunia maya pun tagar #LathiChallenge sempat menjadi trending setelah banyak yang memakainya dalam aplikasi TikTok.

Baca Juga

Salah satu #LathiChallenge yang sukses mencuri perhatian adalah yang dilakukan oleh Jharna Bhagwani. Beauty vlogger itu sukses menampilkan makeup karakter lagu "Lathi" yang diikuti oleh banyak orang.

Tak hanya itu, banyak juga Youtubers dari berbagai negara memberikan video tanggapan atas penampilan Sara Fajira di lagu "Lathi" yang dalam salah satu bagiannya ditampilkan dengan sosok bak hantu yang menyeramkan.

Awal karier

Sara rupanya telah mulai bermusik sejak tahun 2015. Bakat bermusik pengagum Rihanna diakuinya datang dari kedua orang tuanya yang sama-sama menekuni dunia musik sejak lama.

"Aku sudah mulai dari 2015. Itu karena mungkin turunan dari orang tua juga kan orangtua musisi, mama penyanyi, papa pemain keyboard jadi anak-anaknya nurun semua," kata Sara dalam video wawancara di akun Youtube Ganjar Pranowo.

Sara mengaku tidak pernah menempuh pendidikan musik secara formal. Semua pengetahuannya dalam bermusik didapatkan langsung dari kedua orang tuanya.

"Enggak sekolah musik malah. Jadi diajarin sama mama sama papa," ujarnya.

Jauh sebelum berkolaborasi dengan Weird Genius, penyanyi kelahiran Surabaya itu mengaku pernah tampil sebagai penyanyi kafe hingga tampil di acara pernikahan. Dia juga pernah menjadi penyanyi di acara resepsi pernikahan.

Hingga kini Sara telah merilis dua single dan pernah berkolaborasi dengan beberapa musisi sebelum akhirnya dikenal luas di lagu "Lathi". Meski telah memiliki beberapa single, nama Sara seolah kurang terdengar di kancah permusikan Indonesia.

Semuanya berubah seketika saat dia menerima tawaran Weird Genius berkolaborasi di lagu "Lathi" yang dirilis pada bulan Maret 2020 lalu. Perkenalan Sara dengan Weird Genius terjadi berkat pertemuannya dengan Eka Gustiwana, salah satu personel Weird Genius yang pernah mengajaknya berkolaborasi.

"Jadi pertama itu ada proyek sama Bang Eka Gustiwana buat lagunya, nah dari situ sering ajakin on stage sama Weird Genius. Akhirnya di tahun 2020 bikin "Lathi",” tutur gadis kelahiran 1996 itu.

Sara mengaku sudah mengenal Eka sejak tahun 2018, ketika keduanya berkolaborasi bersama dalam beberapa proyek musik. Dalam kesempatan yang berbeda, Eka Gustiwana menjelaskan alasan pemilihan Sara di lagu "Lathi". Selain karena pernah berkolaborasi bersama sebelumnya, ia juga menilai Sara memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan Jawa yang sama baiknya.

"Kami kebetulan lagi nyari penyanyi cewek dan kebetulan butuh nyanyi bahasa Jawa. Kami enggak bisa suruh orang lain yang enggak bisa bahasa Jawa, nyanyi bahasa Jawa. Kelihatan fake-nya," kata Eka.

Dalam lagu "Lathi", Sara bahkan mengusulkan lirik bahasa Jawa yang digunakan dalam lagu tersebut. Dia bercerita bahwa inspirasi lirik Jawa dalam lagu itu datang dari pepatah Jawa kuno.

"Kalau yang di baris pertama memang saya yang ciptain, untuk baris akhir itu saya ambil dari peribahasa Jawa, yang Bahasa Jawa kuno," ucapnya.

Lebih lanjut, Sara menjelaskan bahwa penggunaan lirik bahasa Jawa yang berbunyi "Kowe ra iso mlayu saka kesalahan, Ajining diri ana ing lathi" juga berdasarkan perbincangan dengan para personel Weird Genius, yakni Eka Gustiwana, Reza Arap, dan Gerald Liu.

"Dari artinya kamu enggak bisa lari dari kesalahan, harga diri terletak pada ucapan. Dari liriknya sendiri kan tentang toxic relationship yang mana ini hubungan isinya ego dan kebohongan, sama-sama cinta, tapi saling menyakiti,” jelas Sara mengenai arti lirik bahasa Jawa tersebut.

Mini album

Setelah kesuksesan yang diraihnya berkat lagu "Lathi", kini banyak penikmat musik yang telah mengenal sosok Sara Fajira sebagai penyanyi. Sara mengaku banyak tawaran kepadanya untuk berkolaborasi bersama dalam proyek musik setelah viralnya lagu "Lathi".

"Beberapa kali ini banyak juga yang ajakin kolab setelah Lathi ini. Ada dari Jakarta sih kebanyakan. Salah satunya mamih Titi DJ juga sempet ngajakin," ungkapnya.

Sara mengaku pencapaian yang diraihnya saat ini tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Sebagai penyanyi, dia mengaku hanya fokus untuk berkarya.

"Kalau saya sih enggak pernah kepikiran buat jadi penyanyi yang terkenal. Saya pengen jadi orang yang terus belajar dan menjadi orang yang lebih baik. Kalau jadi penyanyi kelas dunia buat saya bonus, rezeki buat saya," tuturnya.

Untuk rencana selanjutnya, Sara mengatakan tengah menyiapkan lagu baru yang akan dirilis. Selain itu, sebagai penyanyi dia juga berharap untuk segera dapat merilis album.

"Aku rencana mau rilis single lagi, tapi mau jadi mini album atau enggak EP dulu," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement