Tuesday, 3 Rabiul Awwal 1442 / 20 October 2020

Tuesday, 3 Rabiul Awwal 1442 / 20 October 2020

Kronologi Penembakan di Tangerang dan Penangkapan John Kei

Senin 22 Jun 2020 09:09 WIB

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Esthi Maharani

Polisi berjaga di lokasi penembakan

Polisi berjaga di lokasi penembakan

Foto: Republika/ Yasin Habibi
Saksi mengatakan ada suatu kelompok secara brutal masuk dan menyerang rumah warga.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG — Warga Perumahan Green Lake City, Cipondoh, Tangerang, digegerkan oleh suara tembakan misterius pada Ahad (21/6) siang. Sejumlah saksi mengatakan bahwa suatu kelompok secara brutal masuk dan menyerang rumah warga.

Dari informasi yang dikumpulkan, kelompok tersebut mengendarai tiga mobil dan merusak salah satu rumah warga. Mereka menerobos dengan kecepatan tinggi masuk perumahan dan merusak sejumlah fasilitas.

“Ada tiga mobil. Menurut penghuni rumah, isi mobilnya penuh. Berarti, ada lebih dari lima orang," ujar salah seorang warga Perumahan Green Lake, Berti, Senin (22/6).

Ia juga menjelaskan, kelompok tersebut diduga sudah merencanakan penyerangan kepada pemilik rumah berinisial N yang tinggal di perumahan itu. Mendapat informasi dari salah satu anggota keluarga N, Berti mengungkapkan bahwa adanya ancaman pembunuhan dalam aksi yang dilakukan kelompok tersebut.

"Penuturan anak N, mereka di dalam rumah itu tidak lama karena di dalam anggota keluarga sudah sembunyi, tapi sempat terdengar kalimat 'kalau ketemu langsung bunuh'," kata Berti.

Selain itu, kelompok yang diduga ingin menyerang salah satu warga juga melukai seorang satpam yang sedang berjaga di pintu gerbang. “Korban sejauh ini baru satu yang ketahuan. Satpam yang di depan tertabrak mobil komplotan,” ujar Berti.

Aksi kejahatan ini diduga dikoordinasi dua pelaku yang terlibat langsung, yakni atas nama C dan Jhon Kei. Mengetahui hal tersebut, pihak kepolisian pada Ahad malam menugaskan ratusan personel gabungan dari Polda Metro Jaya dan Polres Metro Bekasi Kota menggerebek kediaman Jhon Kei di Perumahan Tytian Indah, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Pengerebekan petugas dilakukan dengan memberikan tembakan peringatan ke udara di lokasi. Puluhan orang yang diduga dari kediaman Jhon Kei diamankan dan akan dibawa Polda Metro Jaya.

Sebelumnya, penembakan yang terjadi di Green Lake City, Tangerang, yang diduga berasal dari aksi kelompok perampok terjadi sekitar pukul 12.00 WIB pada Ahad. Suara tersebut juga terdengar berkali-kali dan sempat terekam kamera warga di sekitar tempat kejadian. Video tersebut pun sempat beredar di media sosial.

Wakapolres Metro Tangerang Kota AKBP Yudhistira Midyahwan mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan olah tempat kejadian perkara. Pihaknya juga masih mengumpulkan bukti lainnya untuk mengetahui kronologis kejadian. "Soal suara tembakan itu, tim masih di lokasi, masih kumpulkan bukti bersama jajaran Polda Metro Jaya," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA