Senin 22 Jun 2020 06:32 WIB

Jajaran Mobil yang Masih Menghadirkan Transmisi Manual

Banyak alasan pengguna masih suka menggunakan mobil bertransmisi manual.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
BMW 2 Series  Gran Tourer
BMW 2 Series Gran Tourer

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK--Kemajuan teknologi telah membuat transmisi otomatis mampu menunjang kinerja yang efisien, praktis namun tetap agresif. Tak heran, mobil matic pun kini menjadi pilihan utama dalam pasar otomotif sehingga ada beberapa produk yang hanya ditawarkan dalam transmisi otomatis.

Meski demikian, tak berarti mobil dengan transmisi manual kemudian punah. Karena, masih ada pecinta otomotif yang tetap mencintai transmisi manual atas pertimbangan driving impression dan performa. Oleh karena itu, sejumlah brand pun tetap menghadirkan opsi transmisi manual dan kerap dilekatkan pada produk yang berorientasi pada performa.

Baca Juga

Dilansir dari Car and Driver pada Senin (22/6), mayoritas, saat ini opsi manual masih ditawarkan pada produk-produk supercar, hatchback dan sedan. Salah satu produk yang masih menyajikan opsi itu adalah Aston Martin Vantage. Produk dengan mesin twin-turbo 4 liter V8 ini pun ternyata masih memanjakan penganut "real men use three pedals" lewat opsi seven-speed manual transmission.

Selanjutnya, produk lain yang juga masih menawarkan opsi manual adalah BMW 2 Series. Lewat varian ini, pecinta kendaraan manual dapat menikmati six-speed manual tansmission pada produk 230i, M240i coupes, M240i convertible, M2 Competition dan M2 CS.

Tak hanya itu, pabrikan Jerman itu pun masih menyajikan stick shift lewat BMW 4 Series lewat trim 430i, 440i, 430i Gran Coupe dan 440i xDrive coupes.

Kemudian, Chevrolet Camaro pun tetap menghadirkan varian yang masih melestarikan kehadiran stick shift. Transmisi manual enam percepatan pun dapat dinikmati mulai dari trim dengan mesin turbo 2 liter hingga trim dengan mesin supercharged 6,2 liter V8.

Nah, untuk produk dari pabrikan Jepang, para pemuja three-pedal prestige pun masih dimanjakan oleh Honda. Karena, pabrikan itu masih menawarkan opsi manual untuk Honda Accord dan Honda Civic.

Selain itu, pecinta transmisi manual juga masih diakomodasi oleh beberapa produk lain seperti Chevrolet Corvette, Dodge Challenger, Ford Mustang, Kia Forte, Lotus Evora GT, Mazda 3, Porsche 718, Porsche 911, Toyota Corolla, Toyota Yaris, Volkswagen Golf dan Volkswagen Jetta.

Lewat sejumlah line up itu, nampaknya pabrikan memang sengaja menghadirkan opsi manual atas sejumlah pertimbangan. Mengingat, alasan para pecinta transmisi manual pun beragam mulai dari pertimbangan kebiasaan, driving impression hingga hasrat untuk bernostalgia dengan tuas persneling dan pedal kopling.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement