Senin 22 Jun 2020 05:11 WIB

Tekuk Sampdoria, Inter Milan Pangkas Jarak Poin dengan Juve

Dua gol Inter masing-masing dicetak oleh Romelu Lukaku dan Lautaro Martinez.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Penyerang Inter Romelu Lukaku (kiri) merayakan gol.
Foto: EPA-EFE/VASSIL DONEV
Penyerang Inter Romelu Lukaku (kiri) merayakan gol.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Inter Milan menjaga asa untuk terus bersaing dalam perburuan gelar scudetto musim ini. I Nerazzurri mampu memangkas jarak poin dengan pemuncak klasemen sementara, Juventus, setelah membungkam Sampdoria 2-1 dalam laga lanjutan Seri A Italia, Senin (22/5) dini hari WIB.

Dalam laga ini, kemenangan Inter diraih lewat dua gol yang masing-masing dicetak oleh Romelu Lukaku dan Lautaro Martinez. Inter pun mengokohkan posisinya di peringkat ketiga klasemen sementara dan memangkas jarak poin dari Juventus.

Sama-sama telah memainkan 26 laga, Inter hanya terpaut enam poin dari Juventus. Sementara itu, dari peringkat kedua (Lazio), La Beneamata terpisah lima poin.

Bagi Sampdoria, kekalahan ini membuat tim besutan Claudio Ranieri itu kian dekat ke zona degradasi. Berada di peringkat ke-16, Il Samp hanya terpaut satu poin dari zona merah, atau hanya mampu mengumpulkan 25 poin dari 26 partai.

Dominasi Inter atas tamunya itu sebenarnya sudah terlihat sejak awal laga. Ketika pertandingan baru berjalan 10 menit, Inter sudah membuka keunggulan.

Sebuah serangan yang dibangun dari sisi kiri pertahanan Sampdoria berbuah manis. Lautaro Martinez memberikan umpan backhell kepada Romelu Lukaku. Setelah melakukan operan satu-dua dengan Christian Eriksen, Lukaku dengan mudah melepaskan tendangan tepat di depan mulut gawang Il Samp. Gol ini menjadi gol ke-18 Lukaku di pentas Seri A musim ini.

Kendati telah mencatatkan keunggulan, Inter tidak mengendurkan serangan. Bahkan, hingga pertengahan babak pertama, Inter Milan mampu menguasai laga dengan keunggulan pengusaan bola mencapai 73 persen. Begitu juga dengan catatan tembakan yang sebanyak 11 kali, dengan tiga tembakan tepat mengarah ke gawang. Sementara itu, Sampdoria belum mampu keluar dari tekanan La Beneamata dan hanya mengandalkan serangan balik.

Pada menit ke-33, La Beneamata mampu menambah torehan gol. Kali ini lewat Martinez. Setelah menerima umpan terobosan dari Lukaku, Antonio Candreva langsung merangsek ke dalam kotak penalti Il Samp dan melepaskan umpan tarik, yang sudah ditunggu oleh Martinez. Penyerang asal Argentina itu tinggal mengarahkan bola ke dalam gawang Sampdoria tanpa bisa dijangkau penjaga gawang Sampdoria, Emil Audero. Keunggulan dua gol Inter Milan ini bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Inter Milan mulai mengendurkan serangan. Akibatnya, pada menit ke-52, Sampdoria bisa mencuri gol. Berawal dari tendangan penjuru, Omar Colley berhasil menanduk bola yang kemudian membentur mistar gawang Inter. Bola hasil pantulan itu langsung disambar Morten Thorsby tanpa bisa dihalau kiper I Nerazzurri, Samir Handanovic.

Tidak mau hanya mencatatkan keunggulan satu gol, pelatih Inter Milan, Antonio Conte, melakukan penyegaran dengan mengganti dua pemain sekaligus pada menit ke-73. Cristiano Biraghi menggantikan Ashley Young dan Victor Moses menggantikan Antonio Candreva. Namun, alih-alih bisa menggandakan keunggulan, La Beneamata justru kewalahan menghadapi serangan Sampdoria.

Pada menit ke-85, Handanovic mesti susah payah menghalau tendangan bebas Sampdoria, yang dieksekusi Mehdi Leris dari depan kotak penalti. Tim tamu mendapatkan tendangan bebas akibat pelanggaran yang dilakukan Borja Valero.

Kendati begitu, Inter Milan bukan tanpa peluang. Pada menit ke-86, Alexis Sanchez, yang masuk menggantikan Lautaro Martinez, sempat melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti. Namun, tendangan Sanchez ini masih bisa diblok salah satu pemain Sampdoria.

Hingga empat menit perpanjangan waktu, tidak ada lagi gol tercipta di Stadion Giuseppe Meazza. La Beneamata pun berhak meraup tiga poin dalam laga perdananya di pentas Seri A selepas penghentian sementara kompetisi akibat pandemi Covid-19.

Susunan Pemain:

Inter Milan (3-4-1-2)

Pelatih: Antonio Conte

Kiper: Handanovic

Belakang: Bastoni, De Vrij, Skriniar

Tengah: Young, Gagliardini, Barella, Candreva; Eriksen

Depan: Lukaku, Martinez

Sampdoria (3-5-2)

Pelatih: Claudio Ranieri

Kiper: Audero

Belakang: Colley, Yoshida, Bereszynsk

Tengah: Murru, Jankto, Bertolacci, Linetty, Thorsby

Depan: La Gumina, Ramirez

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement