Senin 22 Jun 2020 00:12 WIB

Bangkit Jinakkan Villa, Chelsea Menjauh dari Kejaran MU

Chelsea menaklukkan Aston Villa 2-1 pada laga di Stadion Villa Park.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Penyerang Chelsea Olivier Giroud (tengah) mencetak gol kemenangan timnya atas Aston Villa dalam laga pekan ke-30 Liga Primer Inggris. Chelsea mengalahkan Aston Villa 2-1, Ahad (21/6).
Foto: EPA-EFE/CATHERINE IVILL
Penyerang Chelsea Olivier Giroud (tengah) mencetak gol kemenangan timnya atas Aston Villa dalam laga pekan ke-30 Liga Primer Inggris. Chelsea mengalahkan Aston Villa 2-1, Ahad (21/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM -- Chelsea memanfaatkan hasil minor para pesaingnya yang mengincar tiket Liga Champions musim depan, pada laga pekan ke-30 Liga Primer Inggris. The Blues mengemas poin penuh ketika Manchester United (MU), Tottenham Hotspur, Sheffield United, dan Arsenal gagal memetik kemenangan. Chelsea menaklukkan Aston Villa 2-1 pada laga di Stadion Villa Park, Birmingham, Ahad (21/6).

Dengan hasil ini, Chelsea kian nyaman di peringkat keempat klasemen sementara dengan torehan 51 poin dari 30 laga. Chelsea unggul lima angka dari MU di posisi kelima. 

Baca Juga

Sedangkan Aston Villa kian terpuruk di zona degradasi. Tim besutan Dean Smith itu terdampar di peringkat ke-19 lantaran hanya mampu mengemas 26 poin dari 30 partai.

Jalannya laga

Pelatih Chelsea Frank Lampard menurunkan sejumlah penggawa andalan the Blues pada laga ini. Gelandang bertahan asal Prancis, N'Golo Kante, kembali menempati satu pos di lini tengah Chelsea. Sementara di ujung serangan, Lampard mempercayakan posisi penyerang tengah kepada Olivier Giroud. Penyerang asal Prancis itu diapit oleh Willian dan Ruben Loftus Cheek, yang diplot sebagai winger di kedua sisi lapangan.

Sementara tim tuan rumah mengandalkan Keinan Davis sebagai ujung tombak serangan. Ia ditopang Jack Grealish sebagai gelandang serang. 

Pada awal babak pertama, kedua tim bermain hati-hati dan cenderung menunggu inisiatif serangan dari tim lawan. Peluang pertama didapatkan Chelsea lewat sepakan Matteo Kovavic. Namun, tendangan mantan gelandang Inter Milan itu tersebut mampu dimentahkan oleh kiper Aston Villa Orjan Nyland.

Selang dua menit giliran Villa yang mampu mengancam gawang Chelsea. ANwar El Ghazi mampu menanduk umpan dari John McGgin. Namun, sundulan El Ghazi itu masih melebar dari gawang the Blues.

Tim tuan rumah akhirnya dikejutkan dengan gol dari Kourtney Hause pada menit ke-43. Berawal dari umpan lambung Douglas Luiz, Hause mampu menyambar bola rebound dari kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga. Kepa gagal menangkap bola umpan lambung Luiz dengan sempurna. Gol Hause ini pun menjadi satu-satunya gol yang tercipta pada babak pertama. 

Memasuki babak kedua, Chelsea langsung mengepung pertahanan tuan rumah. Tim asal London Barat itu pun terus mengendalikan permainan dengan mencatatkan penguasaan bola mencapai 75 persen. Tidak hanya itu, Chelsea juga terus membombardir pertahanan Villa dengan melepaskan 10 tembakan dan lima diantaranya tepat mengarah ke gawang.

Tim besutan Frank Lampard itu akhirnya sukses memecahkan kebuntuan pada menit ke-60. Christian Pulisic, yang masuk menggantikan Loftus-Cheek, mampu mencetak gol penyeimbang kedudukan. Winger asal Amerika Serikat itu berhasil menyambar umpan lambung Cesar Azpilicueta, yang dilepaskan dari sisi kiri pertahanan Villa. 

Gol Pulisic ini menjadi jalan pembuka Chelsea mengamankan tiga angka. Hanya dua menit berselang, Chelsea bisa menambah catatan gol.  Kali ini giliran Giroud yang mencatatkan namanya di papan skor. Setelah mendapatkan umpan tarik dari Azpilcueta, eks striker Arsenal itu melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Bola, yang sempat membentur kaki salah satu pemain bertahan Villa, tidak bisa dijangkau oleh Nyland. Chelsea pun berbalik unggul 2-1 atas Villa hanya dalam hitungan dua menit. Skor ini bertahan hingga lima menit injury time usai.

Susunan Pemain

Aston Villa (4-1-2-3)

Nyland; Targett, Mings, Hause, Konsa; Luiz; Hourihane, McGinn; Grealish, Davis, El Ghazi.

Pelatih: Dean Smith

Chelsea (4-3-3)

Kepa; Azpilicueta, Rudiger, Christensen, Alonso; Mount, Kante, Kovacic; Loftus-Cheek, Giroud, Willian.

Pelatih: Frank Lampard

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement