Ahad 21 Jun 2020 15:33 WIB

Global Qurban ACT Sapa Saudara di Tapal Batas Negara

ACT mendistribusikan hewan kurban ke Mahakam Ulu dan wilayah tepian negeri

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Gita Amanda
ACT Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendistribusikan hewan kurban untuk wilayah tapal batas negara.
Foto: act
ACT Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendistribusikan hewan kurban untuk wilayah tapal batas negara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masih teringat jelas ketika Agustus 2019 tim Global Qurban-Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Timur harus menempuh perjalanan 24 jam menyusuri jalan berliku hingga menyeberangi sungai. Usaha ini dilakukan untuk sampai ke wilayah paling utara di Kalimantan Timur, Kabupaten Mahakam Ulu, yang langsung berbatasan dengan Malaysia.

Perjalanan kali itu tidak lain untuk mengantarkan amanah para pekurban. Yakni, menyapa saudara yang tinggal di tapal batas negara.

Baca Juga

Mahakam Ulu terletak di tepian negeri. Saat itu fasilitas listrik belum dapat dinikmati warganya. Akses jalan pun terbatas sehingga membuat harga kebutuhan pokok tinggi.

“Untuk sampai ke sini, sebenarnya bisa juga menggunakan helikopter,” ujar salah satu Tim Program Global Qurban-ACT Kalimantan Timur, Muhammad Iqbal, dikutip di situs ACT, Ahad (21/6).

Hari itu 11 Agustus 2019, Global Qurban-ACT menyembelih dua ekor sapi yang masing-masing bobotnya mencapai 250 kilogram. Syukuran Qurban diadakan bersama warga Desa dan Pengaman Perbatasan 303 RI-Malaysia. Gotong royong dan kebersamaan pun terbangun.

Kegiatan distribusi hewan kurban ke Mahakam Ulu dan wilayah tepian negeri merupakan program inovatif Global Qurban-ACT. Kegiatan ini merupakan ikhtiar Global Qurban-ACT untuk mendistribusikan hewan kurban hingga ke pelosok negeri.

"Bahkan hampir kita distribusi ke 50 negara di dunia. Alhamdulillah, ini tahun kedua kami menyapa masyarakat Mahakam Ulu melalui program Indonesia Berqurban dan Dermawan Berqurban,” lanjut Iqbal.

Momen kurban ini juga sekaligus menjadi momen keakraban dan kebersamaan masyarakat setempat dan anggota TNI. Dansatgas Pamtas Yonif R 303/SSM 1 Kostrad Letkol Inf Taufik Ismail pun mengapresiasi aksi Global Qurban-ACT di tepian negeri.

“Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Global Qurban-ACT atas kurbannya kepada kami dan masyarakat yang berada di wilayah tepian negeri,” ucap Taufik Ismail.

Global Qurban-ACT terus berikhtiar meluaskan manfaat kurban. Tahun ini, distribusi 100 ribu ekor hewan kurban setara sapi atau 700 ribu ekor setara kambing ditargetkan membahagiakan jutaan penerima manfaat.

Mengusung tema “Labbaik, Berqurban Terbaik”, Global Qurban-ACT berikhtiar menjangkau 34 provinsi, 275 kota/kabupaten dan berbagai negara pada 2020 ini.

Inovasi juga disemarakkan dengan hadirnya Agen Qurban. Global Qurban-ACT berupaya menggerakkan perekonomian masyarakat terdampak pandemi dengan membuka kesempatan menjadi Agen Qurban.

Dengan bergabung menjadi Agen Qurban, masyarakat mendapatkan benefit terbaik dari penjualan hewan kurban untuk kebutuhan ibadah Idul Adha para pekurban Global Qurban. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement