Thursday, 18 Zulqaidah 1441 / 09 July 2020

Thursday, 18 Zulqaidah 1441 / 09 July 2020

Menu Lobster Sambal Pedas Khas Gorontalo

Ahad 21 Jun 2020 09:56 WIB

Red: Nora Azizah

(Foto: ilustrasi makanan lobster)

(Foto: ilustrasi makanan lobster)

Foto: Pxfuel
Masyarakat Gorontalo ahli mengolah hasil tangkapan laut menjadi makanan lezat.

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Masyarakat Bajo di Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, terkenal sebagai perenang dan pencari ikan ulung. Namun ternyata bukan hanya itu saja, mereka pun ahli dalam mengolah hasil tangkapan laut menjadi makanan lezat.

Salah satu hasil laut yang diolah menjadi kuliner lezat tersebut adalah lobster atau biasa disebut kalora dalam bahasa Bajo. Menu lezat pertama adalah kalora disanggar bengkor cabi atau lobster yang digoreng dan ditaburi sambal pedas, dan menu yang kedua adalah kalora bengkor antilo atau lobster goreng yang dicampur telur ayam.

Salah seorang warga Bajo, Intan Jahing di Gorontalo, Sabtu (20/6), mengatakan jika lobster merupakan salah satu hasil laut yang menjadi tangkapan suku Bajo saat melaut. Ia mengaku jika lobster goreng yang dicampur telur sering dimasak oleh masyarakat sekitar menjadi laut utama.

"Cara memasaknya cukup mudah, yaitu daging lobster dikeluarkan dari kulit dan cangkangnya, lalu di suwir dan digoreng bersama telur ayam yang diaduk seperti telur dadar dan diberi bumbu cabai rawit, bawang putih, garam dan beberapa bumbu pelengkap," jelasnya.

Sedangkan untuk menu kalora disanggar bengkor cabi, lobster dimasak secara utuh dalam minyak panas yang cukup banyak hingga matang. Lalu disiram dengan sambal merah.

"Sambalnya dibuat dari cabai rawit, tomat, bawang lalu dimasak dengan minyak sebelum disiram ke lobster," kata dia, lagi.

Ia menambahkan jika makanan pedas memang menjadi ciri masakan lobster yang terkenal dengan daging yang berserat, manis dan cukup mahal tersebut.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA