Sabtu 20 Jun 2020 23:04 WIB

Arsenal Terjerembap, Liga Champions Makin Gelap

Arsenal mengakui keunggulan Brighton and Hove Albion 1-2 di Stadion Amex.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Penyerang Arsenal Pierre Emerick Aubameyang melepaskan tendangan akrobatik saat menghadapi Brighton and Hove Albion dalam pertandingan Liga Primer Inggris, Sabtu (20/6).
Foto: Mike Hewitt/AP
Penyerang Arsenal Pierre Emerick Aubameyang melepaskan tendangan akrobatik saat menghadapi Brighton and Hove Albion dalam pertandingan Liga Primer Inggris, Sabtu (20/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asa Arsenal untuk berlaga di Liga Champions musim depan semakin menipis. Ini setelah the Gunners menelan kekalahan pada laga pekan ke-30 Liga Primer Inggris. Arsenal mengakui keunggulan Brighton and Hove Albion 1-2 di Stadion Amex, Falmer, Sabtu (20/6).

Arsenal mengoleksi nilai 40 dan tertahan di posisi kesembilan. The Gunners gagal bangkit setelah takluk 0-3 dari Manchester City tengah pekan ini. Skuad asuhan Mikel Arteta juga tak mampu memanfaatkan hasil imbang yang diraih dua pesaingnya dalam perebutan tiket Liga Champions, Manchester United dan Tottenham Hotspur.

Baca Juga

Posisi Arsenal bahkan bisa melorot andai Burnley dan Crystal Palace memetik kemenangan pada laga pekan ke-30.

Adapun Brighton juga tak beranjak dari peringkat 15 dengan nilai 32. Brighton berjarak lima angka dari batas atas zona degradasi.

Jalannya laga

Dalam laga ini, Arsenal yang lebih banyak mengambil inisiatif serangan kesulitan memecah kebuntuan. Pierre Emerick Aubameyang hanya bisa membahayakan gawang Brighton tanpa bisa menjebol. 

Arsenal punya satu-satunya peluang emas saat laga berjalan setengah jam. Alexandre Lacazette mendapatkan umpan matang dari sisi kiri yang diberikan Bakayo Saka. Namun, sundulannya masih mampu dihalau oleh kiper Matthew Ryan. The Gunners makin apes setelah kiper utamanya, Bern Leno, harus ditarik keluar karena cedera yang terlihat parah, akibat bertabrakan dengan penyerang Brighton Neal Maupay.

Brighton mendapatkan satu-satunya peluang lewat tendangan voli Aaron Mooy pada menit 42. Namun sepakan keras jarak jauh Mooy masih mampu diamankan oleh Martinez. Skor 0-0 pun bertahan hingga babak pertama usai.

Maupay membuat Martinez bekerja keras pada awal babak kedua lewat tendangan dari jarak dekat. Aubameyang sempat menjebol gawang Brighton pada menit ke-53. Namun VAR menyatakan posisi Aubameyang offside sebelum meneruskan bola ke gawang Brighton.

Menit 65, Aubameyang nyaris menjebol gawang tuan rumah. Penyerang asal Gabon itu menerima umpan dari Lacazette, yang kemudian meneruskan dengan tendangan kaki kiri. Namun Ryan mampu memblok tendangan tersebut. 

Kecakapan Ryan di bawah mistar Brighton membuat Arsenal kesulitan. Hingga akhirnya pertahanan Ryan jebol juga oleh Nicolas Pepe pada menit ke-68. Pepe yang menerima sodoran Bakayo Saka di sisi kanan kotak penalti, melepaskan tendangan melengkung yang tak bisa dijangkau Ryan. Skor 1-0 untuk Arsenal.

Tapi keunggulan ini hanya bertahan tujuh menit. Berawal dari situasi sepak pojok, pemain pengganti Solomon March mengarahkan bola ke kotak penalti Arsenal. Tak ada yang bisa menyapu bola dengan sempurna. Lewis Dunk memanfaatkannya dengan meneruskan bola di depan gawang the Gunners untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Saat laga tampaknya berakhir imbang, Brighton menjebol gawang Arsenal pada menit kelima injury time lewat Maupay. Kerja sama apik dengan Aaron Connoly yang baru masuk pada babak kedua diselesaikan Maupay dengan sepakan jarak dekat untuk menggetarkan gawang Damien Martinez kedua kalinya. Brighton pun memastikan kemenangan pertama pada 2020. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement