Sabtu 20 Jun 2020 11:22 WIB

UMY Target Terbitkan 300 Jurnal Scopus Akhir 2020

Dalam tiga tahun terakhir sudah 673 artikel jurnal yang telah terbit

Pengukuhan Guru Besar Haedar Nashir. Pidato pengukuhan guru besar oleh Prof Haedar Nashir di Sportorium UMY, Yogyakarta, Kamis (12/12).
Foto: Republika/ Wihdan
Pengukuhan Guru Besar Haedar Nashir. Pidato pengukuhan guru besar oleh Prof Haedar Nashir di Sportorium UMY, Yogyakarta, Kamis (12/12).

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL--Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sesuai kredonya Muda Mendunia dan tagar Unggul dan Islami berhasil meraih peringkat ke-19 Indonesia versi Scimago Institutions Rankings 2020. Ini jadi kabar gembira kesekian kalinya terkait pemeringkatan yang didapat UMY sepanjang 2020.

Hasil pemeringkatan ini sendiri menilai klasifikasi lembaga akademik dari penelitian yang diberi peringkat memakai indikator komposit. Menggabungkan tiga set indikator yang berbeda berdasarkan kinerja penelitian, hasil inovasi dan dampak sosial yang diukur dengan visibilitas website.

Pemeringkatan pada ranking UMY ini dipengaruhi faktor banyaknya jumlah artikel jurnal yang telah ditulis civitas akademika UMY dalam jurnal terindeks scopus. Yang mana, selama tiga tahun terakhir sudah ada sebanyak 673 artikel jurnal yang telah terbit.

Kepala Pusat Data dan Informasi Strategis Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP UMY), Tony K. Hariadi menyatakan, pada tahun terakhir ini UMY cukup banyak mengirimkan jurnal scopus. Untuk jumlah yang dilihat dalam tiga tahun terakhir, dari 2015-2016 sudah meningkat lebih dari 100 persen.

"Kemudian, dari 2018 ada 131 artikel, 2017 ada 164 artikel, 2019 ada 192 artikel, dan pada pertengahan 2020 ini sudah ada 149 artikel. Karena itu, kami berharap pada akhir tahun nanti bisa mencapai 300 artikel yang akan terbit di scopus," kata Tony, Jumat (19/6).

Tony menuturkan, keberhasilan pemeringkatan ini juga dilihat dari banyaknya kerja sama penelitian yang dilakukan civitas UMY dengan institusi lain dalam jurnal yang diterbitkan. Meningkatnya nilai pemeringkatan juga dilihat dari banyaknya jumlah jurnal sivitas UMY yang disitasi (dirujuk) institusi lain.

Targetnya, setelah 2021 sudah mencapai 1.000 artikel jurnal, dan bisa untuk pemeringkatan QS World Ranking tahun berikutnya. Jumlah sitasi artikel ditingkatkan minimal ada dua sitasi setiap artikel, sehingga setidaknya ada 2.000 sitasi artikel jurnal."Selain itu, target untuk Scimago Institutions Ranking ke depannya UMY dapat meraih 10 besar," ujar Tony.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement