Sabtu 20 Jun 2020 11:14 WIB

Dankoopssus Rochadi dan KSAU ke-23 Yuyu Sutisna Pensiun

Ada 10 pati bintang satu sampai empat di TNi yang memasuki usia pensiun.

Rep: Erik PP/ Red: Erik Purnama Putra
Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) Mayjen Rochadi (kanan) memasuki usia pensiun.
Foto: Puspen TNI
Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) Mayjen Rochadi (kanan) memasuki usia pensiun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar mutasi terhadap tiga matra TNI. Total ada 49 perwira tinggi (pati) TNI yang ditetapkan mutasi dan promosi, terdiri 40 pati TNI Angkatan Darat (AD), lima pati TNI Angkatan Laut (AL), dan empat pati TNI Angkatan Udara (AU).

"Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali melakukan mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis," kata Kepala Bidang Penerangan Umum Pusat Penerangan TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman dalam siaran, Sabtu (20/6).

Menurut Taibur, mutasi itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/503/VI/2020 tanggal 18 Juni 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Dari total 49 pati, sebanyak 10 pati di antaranya dalam rangka pensiun sehingga menjabat pati Mabes angkatan. Mereka terdiri enam pati TNI AD, dua pati TNI AL, dan dua pati TNI AU.

Di TNI AD, yang pensiun adalah Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) Mayjen Rochadi dimutasi menjadi pati Mabes TNI AD. Hanya saja, posisi Dankoopssus untuk sementara belum ada penggantinya. Berikutnya, dosen Universitas Pertahanan (Unhan) Mayjen Abdul Hafil Fuddin menjadi pati Mabes TNI AD, dan Staf Khusus Panglima TNI Mayjen Sucianto menjadi Pati Mabes TNI AD.

Ada pula Perwira Staf Ahli Tingkat II Kamteror Sahli Bidang Polkamnas Panglima TNI Brigjen Ranto Parulian Silaban menjadi pati Mabes TNI AD, Perwira Staf Ahli Tingkat II KSAD Bidang Sosbud Brigjen Amalsyah Tarmizi menjadi pati Mabes TNI AD, dan Direktur Pusat Informasi Teritorial Pusterad Brigjen Dedi Priatna Ariestadi menjadi pati Mabes TNI AD.

Di TNI AL yang pensiun adalah Sistem Potensi Maritim (Aspotmar) KSAL Mayjen (Mar) Yuniar Ludfi menjadi pati Mabes TNI AL dan Staf Khusus KSAL Brigjen (Mar) Suhono menjadi pati Mabes TNI AL.

Di TNI AU yang pensiun adalah Staf Khusus Panglima TNI Marsekal Yuyu Sutisna menjadi pati Mabes TNI AU dan Staf Khusus KSAU Marsma Andi Gunawan Wirson menjadi pati Mabes TNI AU. Khusus untuk Yuyu, ia sebelumnya merupakan KSAU ke-22, yang digantikan oleh Marsekal Fadjar Prasetyo pada 20 Mei lalu. Namun, masa pensiun Yuyu baru bulan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement