Jumat 19 Jun 2020 23:40 WIB

Indef: Perbaiki Koneksi Internet Agar UMKM Lancar Go Online

Ekonom Indef mencermati pelaku UMKM sering terkendala internet.

Koneksi internet yang lancar dan merata dibutuhkan UMKM untuk kelancaran go online.
Foto: Foxnews
Koneksi internet yang lancar dan merata dibutuhkan UMKM untuk kelancaran go online.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto menyarankan agar pemerintah meningkatkan dukungan koneksi jaringan internet. Hal itu diperlukan dalam rangka memudahkan pelaku UMKM go online dan bertransaksi di pasar daring (marketplace) pada masa normal baru.

"Dari sisi penyediaan bandwith jaringan internet, masih berat kalau bicara mengenai pasar daring atau marketplace saat dukungan koneksi internetnya rendah," ujar Eko saat dihubungi Antara di Jakarta, Jumat.

Baca Juga

Ekonom Indef itu mengatakan bahwa terkadang ketika konsumen dan bisnis online sedang transaksi, mereka sering terkendala gangguan sinyal. Koneksi lambat akibat jaringan internet yang belum merata di Indonesia.

"Kalau berkaitan dengan pasar daring, dalam rangka membesarkan perekonomian Indonesia atau menuntaskan pengangguran, mudah-mudahan dengan adanya dukungan koneksi jaringan internet yang baik dan merata di seluruh Indonesia, kelompok yang menganggur ini bisa tergerak untuk menjadi wiraswasta dengan memanfaatkan bisnis online," katanya.

Lebih lanjut, Eko mengatakan bahwa ekosistem digital dan bisnis daring yang didukung koneksi internet baik dan merata, kemungkinan juga dapat mengatasi sumber-sumber kemiskinan dan pengangguran yang sebagian besar berada di wilayah pedesaan.

Kondisi Covid-19 ini dapat menjadi momentum untuk mempertemukan produk-produk dari pedesaan dan UMKM-UMKM di luar Jawa bisa langsung bertemu dan bertransaksi dengan konsumen yang tinggal di wilayah perkotaan melalui ekosistem digital dengan tersedianya dukungan fasilitas koneksi internet yang baik serta merata.

"Saya rasa di masa normal baru ini bisa dioptimalkan upaya-upaya tersebut," kata Eko.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement