Sabtu 20 Jun 2020 04:45 WIB

Dosa yang Sedikit Harapannya Diampuni  

Semua dosa masih ada harapan untuk diampuni oleh Allah, kecuali....

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Dosa yang Sedikit Harapannya Diampuni  
Foto: pexels
Dosa yang Sedikit Harapannya Diampuni  

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat dosa-dosa yang dilakukan oleh manusia yang hanya sedikit sekali harapannya untuk dapat diampuni. Orang yang membunuh seorang Muslim sulit untuk bertaubat sehingga sedikit sekali harapannya diampuni oleh Allah Azza wa Jalla.

Dikutip dari buku Haramnya Darah Seorang Muslim karya Ustaz Yazid, hal ini berdasarkan hadits dari Muawiyyah Radhiyallahu Anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Semua dosa masih ada harapan untuk diampuni oleh Allah, kecuali orang yang mati dalam keadaan kafir atau orang yang membunuh seorang Muslim dengan sengaja", hadits riwayat Ahmad.

Baca Juga

Dalam riwayat lain dari sahabat Abu Darda Radhiyallahu Anhu, ia berkata "Saya mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, 'Setiap dosa masih ada harapan untuk diampuni oleh Allah kecuali siapa saja yang mati dalam keadaan musyrik atau siapa saja yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja'", hadits riwayat Abu Dawud.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Allah Subhanahu wa Ta'ala enggan memberikan taubat kepada orang yang membunuh seorang mukmin" hadits riwayat Adh-Dhiyaa al-Maqdisi.

Hadits-hadits ini menjelaskan bahwa orang yang telah membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka ia sulit untuk bertaubat kepada Allah Ta'ala sehingga sangat sedikit harapannya untuk diampuni dosa-dosanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement