Tuesday, 16 Zulqaidah 1441 / 07 July 2020

Tuesday, 16 Zulqaidah 1441 / 07 July 2020

Telkomsel Perluas Layanan VoLTE

Jumat 19 Jun 2020 22:01 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Volte

Volte

Foto: Google
Layanan VoLTE Telkomsel dapat digunakan oleh sekitar 300 ribu pelanggan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telkomsel terus mematangkan ekosistem telekomunikasi menuju persiapan pemberlakuan teknologi 5G di Indonesia. Salah satunya dengan memperluas layanan telepon berbasis jaringan 4G LTE (Voice over Long Term Evolution/VoLTE).

“Telkomsel berupaya tetap menjadi yang terdepan dalam menghadirkan inovasi teknologi seluler terkini di Indonesia, yang salah satunya diimplementasikan melalui layanan VoLTE,” kata Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro di Jakarta, Jumat (19/6).

Layanan VoLTE memungkinkan pelanggan dapat menelepon dengan kualitas yang lebih jernih (high definition/HD). Selain itu juga dapat menyambungkan dua penggunanya lebih cepat dari pada menggunakan layanan panggilan telepon biasa dan Voice Over Internet Protocol (VOIP).

Selanjutnya, melalui layanan VoLTE pelanggan dapat bebas berselancar mengakses layanan internet, streaming video, bermain games, saat tersambung telepon suara. Setelah hadir di wilayah Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, dan Surabaya, kini layanan VoLTE Telkomsel telah menjangkau hingga wilayah Bogor dan Sidoarjo, Jawa Timur.

Perluasan layanan VoLTE diharapkan memperkuat roadmap menuju 5G, serta melanjutkan konsistensi Telkomsel dalam penerapan teknologi jaringan terdepan, mulai era 2G, 3G, dan hingga 4G saat ini. Untuk ponsel penyedia layanan VoLTE, kini Telkomsel telah berkolaborasi dengan produsen perangkat seluler mendukung layanan VoLTE Telkomsel seperti Xiami, Samsung, Huawei, dan Vivo yang sudah terlebih dahulu berpartisipasi.

Saat ini layanan VoLTE Telkomsel dapat digunakan oleh pelanggan. Syaratnya, pelanggan harus berada di wilayah jangkauan VoLTE Telkomsel, telah menggunakan kartu yang mendukung jaringan 4G Telkomsel (uSIM), serta menggunakan perangkat yang telah memiliki kapabilitas layanan VoLTE.

Selanjutnya, pelanggan cukup mengaktifkan fitur VoLTE melalui menu pengaturan perangkat, yang kemudian akan diikuti dengan munculnya tulisan “VoLTE” pada status bar.

Sementara itu, Vice President Network Planning and Engineering Telkomsel Akhmad mengatakan layanan VoLTE akan terus diperluas terutama ke kota-kota besar di Tanah Air. “Sejak diluncurkan pada 25 Mei layanan VoLTE Telkomsel dapat digunakan secara terbatas oleh sekitar 300 ribu pelanggan. Kami perkirakan akan terus bertambah hingga 1 juta sampai dengan akhir tahun 2020,” katanya.

Lebih lanjut, Vice President Prepaid Consumer Telkomsel Adhi Putranto menyebutkan, saat ini lebih dari 50 persen pelanggan Telkomsel yang masih memakai layanan panggilan biasa ketimbang menggunakan WhatsApp maupun Line.

"Dengan panggilan VoLTE di kota-kota besar, frekuensi untuk menggelar layanan 2G dan 3G bisa dialihkan untuk meningkatkan 4G atau 5G," katanya.

Baca Juga

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA