Jumat 19 Jun 2020 09:19 WIB

Arteta Nilai Oezil Belum Siap Berikan yang Terbaik

Arteta belum percaya dengan kemampuan Oezil.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Mesut Oezil
Foto: EPA/Facundo Arrizabalaga
Mesut Oezil

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, memutuskan tidak menyertakan gelandang serang asal Jerman di skuat Arsenal kala The Gunners dicukur Manchester City, 0-3, di laga lanjutan Liga Primer Inggris, Kamis (18/6) dini hari WIB.

Sempat menyebut adanya faktor pilihan taktik, Arteta kini mengungkapkan alasan sebenarnya tidak menyertakan Oezil di skuat The Gunners untuk laga tersebut.

Pelatih asal Spanyol itu ternyata belum puas dengan performa Oezil. Tidak hanya itu, Arteta juga belum terlalu yakin gelandang berusia 33 tahun itu bisa menemukan kembali performa terbaiknya di laga tersebut.

Arteta baru akan kembali menyertakan Oezil di skuat The Gunners saat mantan gelandang serang Real Madrid itu benar-benar sudah berada dalam kondisi terbaiknya. 

''Banyak hal yang terjadi pada dirinya dalam beberapa pekan terakhir. Terkadang, pemain hanya membutuhkan waktu. Dalam dua bulan ini rasanya sangat sulit untuk mempersiapkan pemain dalam kondisi terbaik. Sekali lagi, saya adalah orang pertama yang menginginkan Oezil kembali ke performa terbaiknya. Saya akan kembali menurunkannya apabila saya nilai dia sudah bisa memberikan yang terbaik di atas lapangan,'' kata Arteta seperti dikutip Sky Sports, Jumat (19/6).

Performa Oezil musim ini memang terbilang mengecewakan. Tampil di 23 laga di semua ajang, Oezil hanya mampu mencetak satu gol dan tiga assist.

Secara khusus, Oezil hanya tampil di 18 laga dari 28 laga yang telah dilakoni Arsenal di pentas Liga Primer Inggris musim ini.

Selain masalah kebugaran, Oezil dikabarkan sudah tidak kerasan di Stadion Emirates dan berharap bisa segera mengakhiri kontraknya bersama The Gunners, yang sebenarnya baru akan berakhir pada 2021 mendatang.

Kendati begitu, sejak mulai secara resmi menukangi Arsenal pada Desember silam, Arteta mengaku telah berbicara dan melakukan pendekatan pada pemain yang mengantarkan Jerman merai titel Piala Dunia 2014 tersebut.

Mantan gelandang Arsenal itu pun menegaskan, tidak akan ada perbedaan perlakuan antara Oezil dengan pemain lain apabila dia sudah bisa menunjukan kinerja yang lebih baik di atas lapangan.

''Saya sudah begitu terbuka dengan Mesut. Momen pada saat dia sudah siap tampil, maka saya akan memperlakukannya seperti pemain lain. Saya sudah mencoba berlaku adil kepada dirinya, dan sejauh ini, dia sudah berusaha menunjukan apa yang saya inginkan dari dirinya di atas lapangan,'' tutur Arteta.

Mantan asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City itu mengunkapkan telah berbicara secara khusus kepada Oezil soal pencoretannya di skuat The Gunners di laga kontra City. Menurut Arteta, Oezil menerima keputusan tersebut dan tidak ada masalah apapun yang terjadi antara dirinya dengan eks gelandang serang timnas Jerman tersebut.

''Tidak ada masalah apapun. Dia menerima keputusan itu dengan terbuka. Pembicaraan antara saya dan Oezil adalah pembicaraan yang jujur dan terbuka,'' tutur Arteta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement