Jumat 19 Jun 2020 07:51 WIB

Usaha Asensio Berbuah Manis Kala Madrid Bantai Valencia

Asensio hanya butuh 31 detik untuk bisa memberikan kontribusi maksimal.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Marco Asensio (tengah) saat merayakan gol ke gawang Valencia, Jumat (19/6).
Foto: Dok. AP
Marco Asensio (tengah) saat merayakan gol ke gawang Valencia, Jumat (19/6).

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Setelah absen selama lebih dari 10 bulan akibat cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL), Marco Asensio akhirnya kembali merumput saat Real Madrid menerima lawatan Valencia pada jornada ke-29 La Liga, Jumat (19/6) dini hari WIB. 

Kembalinya gelandang serang berusia 24 tahun itu ke skuat Los Blancos itu terasa begitu istimewa lantaran ditandai dengan sumbangan satu gol dan satu assist di laga tersebut. 

Masuk menggantikan Federico Valverde pada menit ke-74, Asensio hanya butuh 31 detik untuk bisa memberikan kontribusi maksimal buat Los Blancos. Asensio mencetak gol lewat sepakan kaki kirinya setelah menerima umpan dari Ferland Mendy. 

Sentuhan pertama Asensio usai absen akibat cedera ACL langsung berbuah gol dan menggandakan keunggulan Madrid di laga tersebut. Namun, aksi gelandang serang timnas Spanyol itu tidak berhenti sampai disitu. 

Asensio menjadi arsitek gol ketiga Madrid di laga tersebut. Asensio sukses menyediakan umpan buat Karim Benzema, sebelum akhirnya penyerang asal Prancis itu melepaskan tendangan voli tanpa bisa dihalau kiper Valencia, Jasper Cillesen. 

Madrid pun menutup laga dengan kemenangan telak, 3-0, atas tamunya tersebut. Asensio mengungkapkan, ini menjadi laga //comeback// impiannya. 

Akhirnya, kerja kerasnya dalam bebarapa bulan terakhir untuk bisa kembali pulih dari cedera ACL berbuah manis dengan torehan satu gol dan satu assist di laga tersebut. 

''Setelah bekerja keras dalam beberapa bulan terakhir, saya tidak sabar untuk bisa kembali tampil. Itu menjadi gol dan penampilan yang emosional sekaligus memuaskan buat saya,'' kata Asensio di laman resmi klub, Jumat (19/6). 

Asensio mengalami cedera ACL saat Madrid menghadapi Arsenal di laga pra-musim pada 24 Juli silam. Sejak saat itu, Asensio terus menjalani proses pemulihan cedera ACL, cedera yang kerap menjadi mimpi buruk setiap pesepak bola profesional tersebut. 

Setelah masuk ruang operasi pada Agutus silam, Asensio memang terus melakoni serangkaian terapi dalam proses pemulihan kondisinya tersebut. Akhirnya, Asensio mulai kembali berlatih di lapangan pada Januari silam. Penghentian sementara kompetisi akibat pandemi Covid-19 pun sepertinya menjadi berkah tersendiri buat Asensio. 

Mantan gelandang serang Real Mallorca itu memiliki waktu lebih banyak untuk bisa pulih. Asensio pun dilaporkan sudah kembali berlatih bersama rekan-rekan setimnya pada 11 Mei silam dan akhirnya melakoni laga perdananya pada musim ini di laga kontra Valencia. 

Kini, Asensio berharap bisa terus memberikan kontribusi maksimal buat Los Blancos di sembilan laga sisa La Liga musim ini, sekaligus terus bersaing dalam perebutan gelar juara La Liga. 

''Kami masih memiliki sembilan laga final lagi di kompetisi ini. Di sembilan laga itu, kami mesti bisa terus meraih kemenangan. Sekarang, fokus kami adalah meraih kemenangan di laga kontra Real Sociedad dan saya sudah berada dalam kondisi terbaik dalam menyongsong bagian akhir kompetisi musim ini,'' tutur Asensio.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement