Kamis 18 Jun 2020 22:41 WIB

Wali Kota Bogor Pantau Kondisi Mal Melalui CCTV

Wali kota Bogor pantau kondisi pusat perbelanjaan yang kembali buka melalui CCTV

Wali Kota Bogor Bima Arya
Foto: ANTARA /Arif Firmansyah
Wali Kota Bogor Bima Arya

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto memantau kondisi pusat perbelanjaan atau mall di Kota Bogor melalui Closed Circuit Television (CCTV) dari Balai Kota Kota Bogor. Pemkot Bogor mengizinkan pusat perbelanjaan dan mall kembali dibuka pada Kamis (18/6) hari ini.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menetapkan mal yang akan dibuka lagi pada fase Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi harus menerapkan protokol kesehatan baik terhadap karyawan, pramuniaga, maupun pengunjung. Pemkot Bogor juga menetapkan syarat agar dari mal yang mulai dibuka lagi terhubung dengan CCTV ke Balai Kota, agar dapat dipantau langsung. Pemkot Bogor melakukan uji coba operasional selama sepekan, apakah memenuhi persyaratan atau tidak.

Baca Juga

Dari pemantauan wali kota, secara keseluruhan operasional mal masih tergolong tertib dan mentaati protokol kesehatan. Namun, terlihat ada beberapa pengunjung mal yang belum mematuhi aturan jaga jarak fisik saat berada di foodcourt dan ada pengunjung yang melepas maskernya ketika berada di dalam mal.

Wali Kota Bima Arya kemudian menghubungi pengelola mal dan petugas di posko pengamanan gabungan yang ditempatkan di setiap mal untuk memberikan teguran kepada pengunjung tersebut. "Saya melihat ada ibu-ibu melanggar aturan protokol kesehatan, tolong dicek. Tolong dikasih peringatan sekarang juga," ujar Bima melalui sambungan teleponnya kepada petugas Satpol PP di sebuah mal.

 

Tak lama kemudian, petugas mendatangi foodcourt dan memperingati tiga orang ibu sangat dekat dan tidak memakai masker untuk menjaga jarak dan menggunakan maskernya. Menurut wali kota, pada minggu ini mal mulai dibuka secara bertahap untuk masa uji coba selama sepekan, tapi tidak semua tempat di mal dibuka. 

"Tempat-tempat yang berisiko tinggi terjadi penularan Covid-19 belum dibuka, seperti, bioskop, pusat kebugaran, dan wahana permainan anak," katanya.

Dari pemantauan selama sepekan, kata dia, jika operasionalnya berjalan baik, akan dilanjutkan dalam tetap dievaluasi selama sebulan ke depan. Pemkot Bogor hari ini mengizinkan sebuah mal dibuka, pada Jumat (19/6) tiga mal lagi diizinkan dibuka, berikutnya empat mal lagi diizinkan dibuka.

Sebelumnya Bima Arya sudah mengecek langsung kesiapan penyediaan fasilitas berstandar protokol kesehatan pada sejumlah mal di Kota Bogor yakni Mal BTM, Botani Square, Lippo Keboen Raya, Yogya Junction, Pusat Grosir Bogor (PGB), Lippo Plaza Ekalokasari, Boxies123 Mall, dan Plaza Jambu Dua.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement