Kamis 18 Jun 2020 19:15 WIB

Besok, Masjid Raya Sumbar Dibuka untuk Sholat Jumat

Gubernur Sumbar akan menjadi khatib sholat Jumat.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Besok, Masjid Raya Sumbar Dibuka untuk Sholat Jumat
Foto: Febrian Fachri/Republika
Besok, Masjid Raya Sumbar Dibuka untuk Sholat Jumat

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG--Masjid Raya Sumatra Barat (Sumbar) yang terletak di Kota Padang akan mulai dibuka kembali pada Jumat (20/6). Sekretaris Pengurus Masjid Raya Sumbar Elsanra Ekaputra mengatakan pembukaan kembali masjid raya secara resmi bertepatan dengan sholat Jumat berjamaah.

Rencananya menurut Elsanra, yang menjadi khatib nanti adalah Gubernur Sumbar Irwan Prayitno."Masjid Raya Sumbar dibuka lagi perdana sejak covid pada hari Jumat. Nanti secara resmi pada saat sholat Jumat dan khatibnya Pak Gubernur," kata Elsanra, Rabu (18/6).

Baca Juga

Pengurus Masjid Raya Sumbar sudah menyiapkan fasilitas protokol covid untuk menyambut kedatangan jamaah Jumat nanti. Seperti sudah memasang wastafel untuk cuci tangan di 9 titik, menyediakan disinfektan dan mengatur jarak antar jamaah di dalam dan luar masjid.

Untuk antisipasi bila jamaah ramai dan tidak muat dengan pola berjarak, pengurus sudah menyiapkan bagian luar masjid untuk menjadi tempat duduk dan sholat jamaah. Lantai 1 atau lantai dasar menurut Elsanra juga dapat dipakai untuk sholat dan duduk mendengarkan khotbah.

Pengurus Masjid Raya Sumbar tidak menggulung karpet masjid. Karena karpet lantai di ruang utama masjid cukup luas. Bila dilipat atau digulung akan sulit mencari tempat penyimpanannya.

Elsanra menambahkan pengurus meminta jamaah yang akan datang sholat ke Masjid Raya Sumbar agar membawa sajadah di rumah masing-masing, memakai masker dan disarankan sudah berwuduk dari rumah. Bila ada yang terlupa memakai masker, akan ada masker cadangan dibagikan pengurus.

"Wudhu kalau bisa di rumah masing-masing saja. Dan jangan lupa sajadah masing-masing. Insya Allah setelah Jumat nanti, Masjid Raya Sumbar akan dibuka untuk seterusnya," ucap Elsanra.

Dua pekan terakhir, sekitar 600 masjid yang ada di Kota Padang sudah menggelar kembali sholat Jumat dan sholat fardhu berjamaah. Masjid Raya Sumbar baru pekan ini mulai dibuka ketika Kota Padang sudah menerapkan new normal. Kota Padang belum dibuka bersamaan dengan masjid lainnya karena berada di lokasi paling strategis.

Di mana dikhawatirkan kerumunan dan sulit mengatur jarak. Sekarang pengurus Masjid Raya Sumbar sudah siap menyambut kedatangan jamaah setelah semua fasilitas protokol covid disiapkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement