Kamis 18 Jun 2020 17:36 WIB

Musik K-Pop Didengar Lebih dari 41 Miliar Kali di Spotify

Penggemar K-pop menghabiskan lebih dari 134 miliar menit mendengarkan musik itu.

Layanan streaming musik Spotify.
Foto: EPA
Layanan streaming musik Spotify.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak alasan yang membuat musik Korea menjadi salah satu genre musik paling berwarna dan eklektik di aplikasi musik Spotify. Baik itu lagu-lagu Korea bergenre R&B yang groovy, rock yang menghentak, hingga genre Korea hip-hop yang penuh dengan ritme dan melodi yang khas.

Hari ini, Spotify memperkenalkan 13 playlist baru dan diperbaharui di Hub K-Pop untuk memperluas pilihan musik K-pop di Spotify. Dengan begitu playlist ini diharapkan mampu memenuhi berbagai aspek dari genre yang sangat menarik ini.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (18/6), sejak peluncuran playlist K-pop pertama di Spotify yang bernama K-Pop Daebak pada 2014, musik K-pop sudah didengarkan sebanyak lebih dari 41 miliar kali di Spotify. Para penggemar pun telah menghabiskan lebih dari 134 miliar menit untuk mendengarkan musik K-pop di Spotify.

Dengan lebih dari 50 playlist, Hub K-Pop di Spotify saat ini menjadi destinasi utama bagi para penggemar untuk menemukan dan menyelami dunia K-pop melalui beragam artis, genre, dan lagu asal Korea yang dapat menemani setiap suasana dan momen dalam hidup mereka.

Untuk membantu para pendengar memperluas wawasan musik K-pop mereka, akun Twitter Spotify khusus untuk musik K-pop, @SpotifyKDaebak, telah meluncurkan kuis kepribadian yang mudah untuk diikuti. Kuis ini akan mengarahkan para pendengar ke playlist K-pop yang cocok dengan kepribadian dan kebiasaan mereka.

Salah satu playlist terbaru yang ditambahkan ke dalam Hub K-Pop adalah Cool K:IDsRock, playlist andalan Spotify untuk lagu-lagu rock Korea yang memberi gambaran kepada penggemar tentang industri musik rock Korea Selatan yang sedang berkembang.

Para pendengar dapat menemukan serta menikmati musik alternatif dari sejumlah band asal Korea seperti DAY6, HYUKOH, dan masih banyak lagi. Dalam hub ini, pengguna juga dapat menemukan playlist bertajuk TrenChill K-R&B yang menampilkan sejumlah musisi R&B asal Korea seperti Crush dan DPR LIVE. Tak ketinggalan, playlist K-Hip-Hop +82 yang menyoroti sejumlah artis paling menarik di kancah musik hip-hop Korea Selatan dan sederetan rapper lokal, mulai dari ranah mainstream hingga underground.

Korea juga dikenal dengan serial dramanya yang seringkali menampilkan soundtrack asli yang meninggalkan kesan mendalam bahkan setelah serial berakhir. Sebut saja drama "World of the Married", "Hospital Playlist", dan "The King: Eternal Monarch".

Untuk mengakomodasi popularitas berbagai soundtrack yang kian menanjak, Spotify mengkurasi dua playlist baru, yakni Korean OST Instrumental dan Best of Korean Soundtracks untuk menemani para penggemar yang ingin menghidupkan kembali momen-momen dalam serial drama favorit mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement