Kamis 18 Jun 2020 13:03 WIB

Pelindo I Medan Bagikan 6.000 Masker Kain

Program ini sejalan dengan arahan pemerintah yang mewajibkan masyarakat untuk menggun

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Agus Yulianto
Pelindo I Medan membagikan masker kain kepada masyarakat. Total masker yang dibagikan sebanyak 6.000 masker
Foto: Humas Pelindo I Medan
Pelindo I Medan membagikan masker kain kepada masyarakat. Total masker yang dibagikan sebanyak 6.000 masker

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I (Persero) membagikan enam ribu masker kain kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Karo dan Dairi. Direktur Operasi dan Komersil Pelindo I Syahputera Sembiring mengatakan, pembagian masker tersebut dilakukan di Kampung Susuk, Desa Limang dan Kampung Perbesi, Kabupaten Karo pada akhir pekan lalu. 

"Program ini sejalan dengan arahan pemerintah yang mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker pada saat beraktivitas di luar rumah, dan juga dalam rangka mendukung implementasi protokol kesehatan sebagai upaya menurunkan pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia,” kata Syahputera dalam pernyataan tertulisnya yang diterima Republika, Kamis (18/6). 

Syahputera mengatakan, saat ini perlu kolaborasi dari semua pihak untuk melawan pandemi Covid-19. Dia memastikan, Pelindo 1 sebagai pelaku bisnis ikut mengambil peran tersebut. 

"Selain memprioritaskan kelancaran pelayanan arus logistik di Indonesia, kami juga berkomitmen untuk membantu masyarakat dan pemerintah dalam melewati masa sulit ini,” tutur Syahputera.

photo
Pelindo I Medan membagikan masker kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Karo dan Dairi. - (Pelindo I Medan)

VP Kemitraan dan Bina Lingkungan Pelindo I Fatimah Zuhra mengatakan masker kain yang dibagikan tersebyt merupakan hasil produksi melalui program pemberdayaan masyarakat lewat UMKM mitra binaan Pelindo I dari Karo, Medan, dan Deli Serdang.  Selain membantu masyarakat, kata dia, pembagian masker ini juga membantu kelompok UMKM yang pendapatan usahanya mulai menurun karena dampak dari penyebaran pandemi Covid-19. 

“Kita beli dari UMKM dan kemudian bagikan kepada masyarakat. Pembagian masker dengan melibatkan masyarakat dan UMKM binaan Pelindo I telah beberapa kali dilakukan, tujuannya untuk memberikan semangat pada UMKM dan masyarakat agar mereka tetap dapat melanjutkan usahanya, membantu ekonomi keluarga serta karyawannya,” ungkap Fatimah. 

Sementara itu, VP Public Relations Pelindo I Fiona Sari Utami mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari pemberian bantuan 30 ribu masker. Program tersebut dilakukan secara bertahap sejak Mei hingga Juni 2020 di seluruh wilayah kerjanya yang tersebar di Aceh, Sumatra Utara, Riau, dan Kepulauan Riau.

“Semoga berbagai upaya yang telah dilakukan Pelindo I dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Kami juga terus mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin,” ungkap Fiona. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement