Kamis 18 Jun 2020 10:02 WIB

Di Mana Oezil Saat Arsenal Dibantai City?

Oezil sepanjang musim ini hanya membuat satu gol dan tiga assist.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Mesut Oezil
Foto: EPA/WILL OLIVER
Mesut Oezil

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, mengungkapkan alasannya tidak menyertakan gelandang serang asal Jerman, Mesut Oezil, dalam laga kontra Manchester City, Kamis (18/6) dini hari WIB.

Menurut pelatih asal Spanyol, absennya Oezil di laga ini disebabkan karena alasan penerapan taktik, bukan lantaran masalah kebugaran ataupun cedera.

Nama gelandang serang berusia 31 tahun itu bahkan tidak tercantum dalam daftar 20 pemain The Gunners yang melakoni laga tandang ke markas Manchester City, Stadion Etihad, tersebut.

Padahal, di sisa Liga Primer Inggris musim ini, semua tim, termasuk Arsenal, bisa melakukan lima pergantian pemain. Namun, Arteta memutuskan untuk tidak memasukan nama Oezil di laga yang berakhir untuk kekalahan Arsenal, 0-3, dari tim tuan rumah tersebut. Arteta pun membantah, absennya mantan gelandang serang Real Madrid itu disebabkan cedera yang tengah dialaminya.

''Tidak disertakannya Oezil karena alasan taktik yang akan kami terapkan di laga tersebut. Saya membutuhkan lebih banyak pemain di posisi lain. Karena itu, saya memutuskan untuk tidak menyertakannya di laga ini,'' kata Arteta seperti dikutip Sky Sports, Kamis (18/6).

Absennya Oezil di laga ini menambah panjang catatan minor mantan gelandang Real Madrid itu pada musim ini. Sepanjang musim 2019/2020, Oezil memang lebih banyak menghuni bangku cadangan The Gunners dan hanya mengemas 23 caps dan mencetak satu gol dan tiga assist di semua ajang.

Selain kondisi kebugaran, Oezil dikabarkan sudah tidak kerasan di Stadion Emirates. Alih-alih menurunkan sejumlah penggawa senior, di laga kontra City, Arteta memang memilih untuk memberikan kesempatan pada para penggawa muda untuk mengisi staring line up The Gunners.

Di lini depan, Eddie Nketiah menggantikan posisi Alexander Lacazette. Selain itu, winger berusia 19 tahun, Bukayo Saka, dipercaya menempati posisi sayap kiri. 

Sayangnya, keputusan Arteta untuk memberikan kepercayaan pada sejumlah pemain muda tersebut tidak membuahkan hasil maksimal. The Gunners dibekap tim tuan rumah tiga gol tanpa balas.

Gol The Citizen masing-masing dicetak oleh Raheem Sterling pada menit ke-47, Kevin de Bruyne pada menit ke-51, dan Phil Foden pada menit ke-91.  Akibat kekalahan di kandang The Citizen itu, Arsenal kian menjauh dalam perebutan empat besar Liga Primer Inggris musim ini.

The Gunners tertinggal delapan poin dari Chelsea, yang berada di peringkat keempat klasemen sementara, dan bertengger di peringkat kesembilan lantaran hanya mampu mengoleksi 40 poin dari 29 laga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement