Kamis 18 Jun 2020 09:06 WIB

Jan Oblak Pecahkan Rekor Prestisius La Liga Spanyol

Oblak melampaui para kiper legendaris.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Jan Oblak.
Foto: Phil Noble/Reuters
Jan Oblak.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Kiper Atletico Madrid, Jan Oblak menjadi penjaga gawang tercepat yang mencatat 100 clean sheets dalam sejarah La Liga Spanyol. Rekor tersebut dipecahkan dalam kemenangan 5-0 timnya kontra Osasuna, Kamis (18/6) dini hari WIB.

Dalam laporan Marca, Kamis (18/6), penjaga gawang asal Slovenia itu memecahkan rekor 100 clean sheets dalam 182 pertandingan, mengalahkan catatan sebelumnya milik Miguel Reina yang butuh 222 laga untuk mencapai angka yang sama.

Victor Valdes berada di urutan ketiga dengan 227 pertandingan selama berseragam Barcelona. Secara persentase, Oblak menggoreskan rekor tersebut dalam 55 persen total penampilannya.

Rekor Oblak bahkan dianggap melampaui statistik yang pernah dicapai oleh kiper-kiper legendaris La Liga Spanyol dari aspek persentase. Andoni Zubizaretta mencatat 235 clean sheets dalam 622 penampilan (37 persen), Paco Buyo merekam 213 clean sheets dari 542 pertandingan, kemudian Iker Casillas menjaga 177 clean sheets dari 510 laga.

"Saya merasa baik sejak berhenti berlaga dalam tiga bulan," katanya seperti dikutip dari Goal International, Kamis (18/6).

"Sejujurnya, saya tidak terlalu memerhatikan statistik. Saya mendengar apa yang orang-orang katakan. Senang melihat angka tersebut tapi saya harap bukan hanya itu yang saya capai," tambah Oblak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement