Kamis 18 Jun 2020 00:47 WIB

PSSI Sudah Mulai Tidak Akur dengan Shin Tae-Yong?

Menurut Shin, keadaan di Korea Selatan relatif aman dari pandemi COVID-19.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyapa wartawan saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020).
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyapa wartawan saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tidak sejalan dengan manajer pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-Yong yang menginginkan agar pemusatan latihan (TC) timnas dilakukan di Korea Selatan.

"Arahan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, harapan kami TC timnas tetap dilaksanakan di Indonesia," ujar pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi di Jakarta, Rabu (17/6).

Keinginan Shin Tae-Yong agar skuatnya dapat menjalani pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan diberitakan oleh Kantor Berita Korea Selatan Yonhap, pada Selasa (16/6).

Menurut Shin, keadaan di Korea Selatan relatif aman dari pandemi COVID-19. Jika usulannya disepakati, juru taktik timnas Korsel di Piala Dunia 2018 itu berharap para pemain dapat diberangkatkan ke Negeri Ginseng pada awal atau pertengahan Juli 2020.

Meski demikian, Yunus melanjutkan, PSSI terus berkomunikasi dengan Shin Tae-Yong, yang saat ini berada di kampung halamannya, Korea Selatan, untuk membicarakan soal persiapan tim nasional.

PSSI juga membuka kemungkinan-kemungkinan karena pandemi penyakit virus corona (COVID-19) masih terjadi di Indonesia dan dunia.

"Kami berkomunikasi dengan tim pelatih timnas sambil melihat situasi pandemi COVID-19," tutur Yunus.

Tidak seperti Yunus Nusi, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri hanya memberikan tanggapan singkat mengenai permintaan Shin Tae-Yong agar TC berlangsung di Korsel.

Indra menyebut bahwa PSSI, termasuk dari departemen teknik, akan mengadakan rapat dengan Shin Tae-Yong pada Kamis (18/6).

"Besok kami rapat dengan Shin jam 10.00 WIB," tutur Indra.

Timnas Indonesia akan menghadapi tiga laga terakhir Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yaitu menantang tuan rumah Thailand pada 8 Oktober 2020, kemudian menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober 2020 dan bertandang ke Vietnam untuk melawan si empunya kandang pada 12 November 2020.

Meski peluang lolos ke putaran ketiga sudah tertutup, PSSI ingin timnas mendapatkan hasil terbaik demi mendongkrak peringkat FIFA.

Selain timnas senior, Shin Tae-Yong juga menangani timnas U-19 Indonesia yang akan berlaga Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020.

Shin pun akan menjadi pelatih timnas U-20 Indonesia di Piala Dunia U-20 tahun 2021.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement