Rabu 17 Jun 2020 19:27 WIB

UUS Perbankan Turut Manfaatkan QRIS

Transaksi menggunakan QRIS tak hanya menguntungkan konsumen, tapi juga merchant.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Fuji Pratiwi
Pengunjung mencoba berzakat menggunakan teknologi QRIS di Jakarta (ilustrasi). Unit Usaha Syariah turut memanfaatkan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) melalui aplikasi mobile banking yang terintegrasi dengan teknologi induk bank.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pengunjung mencoba berzakat menggunakan teknologi QRIS di Jakarta (ilustrasi). Unit Usaha Syariah turut memanfaatkan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) melalui aplikasi mobile banking yang terintegrasi dengan teknologi induk bank.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Unit Usaha Syariah turut memanfaatkan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) melalui aplikasi mobile banking yang terintegrasi dengan teknologi induk bank. Mobile banking CIMB Niaga Syariah dan Permata Mobile X dapat digunakan untuk melakukan transaksi dengan QRIS.

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P Djajanegara menyampaikan, CIMB Niaga Syariah melalui induknya, yaitu PT Bank CIMB sudah terdaftar di BI sebagai salah satu bank Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). CIMB Niaga Syariah fokus untuk pengembangan QRIS di ekosistem ekonomi syariah.

Baca Juga

"Saat ini alhamdulillah QR CIMB Niaga Syariah sudah dipakai oleh banyak mitra kami terutama di bidang filantropi dan Masjid," kata Pandji kepada Republika, Rabu (17/6).

Salah satu contoh kerja sama dalam sosialisasi QRIS adalah ketika CIMB Niaga Syariah bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) di setiap provinsi. CIMB Niaga Syariah juga mengadakan kegiatan dengan komunitas-komunitas Muslim dalam rangka literasi dan implementasi QRIS.

"Keunggulan QRIS kami akan semakin memanjakan nasabah syariah dengan segala fitur yang sangat menarik di dalam aplikasi mobile digital andalan kami, Octomobile," ungkap Pandji.

UUS Bank Permata juga sudah dapat memanfaatkan QRIS melalui aplikasi aplikasi super Permata Mobile X Sharia. Direktur Unit Usaha Syariah Bank Permata, Herwin Bustaman menyampaikan, peningkatan transaksi dengan QRIS seiring dengan peningkatan penggunaan aplikasi.

Masa pandemi meningkatkan frekuensi penggunaan platform digital, termasuk Permata Mobile X Sharia. Sejak diluncurkan akhir tahun lalu, jumlah pengguna aplikasi telah mencapai lebih dari 250 ribu nasabah.

"Secara transaksi QRIS memang ada peningkatan yang cukup signifikan," kata dia.

Sayangnya, Herwin mengatakan belum banyak mengeksplorasi potensi kerja sama QRIS. Setelah pandemi reda, Bank Permata Syariah siap menjajaki peluang kerja sama untuk meningkatkan layanan pada nasabah. Sebab, transaksi menggunakan QRIS memberikan tidak hanya memberi keuntungan pada konsumen, tapi juga merchant.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement