Rabu 17 Jun 2020 14:53 WIB

Solskjaer Disanjung Mampu Kembalikan Identitas MU

Menurut Schmeichel, Solskjaer paham bahwa MU banyak mendatangkan pemain yang tak pas.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Pelatih Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer
Foto: EPA-EFE/Will Oliver
Pelatih Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Legenda Manchester United (MU) Peter Schmeichel menyoroti polesan Ole Gunnar Solskjaer di skuat Setan Merah. Ia menyanjung Solskjaer yang berhasil mengembalikan identitas MU. Menurut Schmeichel, Solskjaer paham bahwa MU banyak mendatangkan pemain yang tak pas.

Solskjaer menjadi pelatih sementara pada bulan Desember menggantikan Jose Mourinho yang dipecat sebelum ditunjuk sebagai pelatih permanen. Pada musim panas pertamanya sebagai pelatih kepala, Solskjaer menggunakan strategi transfer pemain untuk meningkatkan performa tim.

Baca Juga

Beberapa pemain ia datangkan di antaranya Odion Ighalo dan Bruno Fernandes. Keduanya memiliki dampak luar biasa kepada tim. Schmeichel percaya Solskjaer mulai mengembalikan identitas MU yang sesungguhnya bersama beberapa stafnya.

“Sangat menyenangkan melihat semua pemimpin ini. Ada empat atau lima dari mereka sekarang - tetapi tidak selalu seperti itu. Itu hanya karena kurangnya konsistensi dari orang-orang top di United pada tahun-tahun sebelumnya,” kata Schmeichel, dilansir dari Mirror, Rabu (17/6).

Schmeichel yang memenangkan lima gelar Liga Primer Inggris bersama MU mengatakan. para pelatih memiliki filosofi berbeda termasuk dalam merekrut pemain. Sehingga, kondisi tim akan tergantung kepada mereka. Kemudian pemain yang direkrut oleh pelatih sebelumnya belum tentu cocok dengan sosok yang menggantikannya.

Schmeichel menilai rekrutan Solskjaer, yaitu Fernandes telah melakukan pekerjaannya dengan baik. Menurutnya, Fernandes pemain luar biasa dan berkepribadian bagus. Schmeichel turut menyaksikan aksi debut Fernandes melawan Wolverhampton Wanderers di Old Trafford. Menurutnya, Fernandes tipe seorang pemimpin.

“Dia memberikan arahan, mulai berbicara dengan pemain di sekitarnya, meminta mereka untuk pergi di posisi tertentu. Sosok yang sayangnya tidak Anda lihat terlalu banyak di sepak bola modern,” ujarnya.

Schmeichel yakin semakin banyak pemain di suatu tim dengan karakter pemimpim kuat akan berdampak bagus kepada tim. Ia menilai saat masih aktif bermain, di timnya terdapa tujuh pemain bertipe pemimpin. MU sekarang ini sudah memiliki beberapa pemimpin di lapangan.

“Harry Maguire telah datang ke klub dan melakukannya dengan baik. Dia kapten klub dan telah berkembang pesat sejak dia memiliki tanggung jawab itu. Dia pemimpin sejati,” kata Schmeichel menambahkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement