Rabu 17 Jun 2020 14:19 WIB

Ratusan Petugas Kesehatan Guinea-Bissau Positif Corona

Pakar WHO menyebut 176 petugas kesehatan Guinea-Bissau positif corona

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Pakar WHO menyebut 176 petugas kesehatan Guinea-Bissau positif corona. Ilustrasi.
Foto: AP/Themba Hadebe
Pakar WHO menyebut 176 petugas kesehatan Guinea-Bissau positif corona. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BISSAU - Sebanyak 176 dari jumlah total 2.000 petugas kesehatan yang dimiliki Guinea-Bissau positif mengidap virus corona, menurut pakar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa (16/6). Ia memperingatkan bahwa rumah sakit hampir kewalahan.

Sistem perawatan kesehatan yang kurang lengkap di negara Afrika Barat itu sedang berjuang mengekang penyebaran virus corona yang telah menginfeksi 1.400 orang lebih dan menelan 15 korban jiwa. Otoritas kesehatan meningkatkan kewaspadaan atas krisis oksigen untuk mengobati pasien.

Baca Juga

"Kamar-kamar di tiga rumah sakit besar Bissau saat ini penuh dengan pasien Covid-19 dan mengalami gangguan dalam layanan medis esensial," kata Joana Cortez, pakar WHO di Guinea-Bissau, selama seminar daring tentang dampak epidemi terhadap negara Afrika berbahasa Portugal.

Cortez mengatakan 176 tenaga kesehatan di negara tersebut terbukti positif virus corona. Jumlah itu setara dengan hampir sembilan persen dari total sekitar 2.000 anggota staf medis di negara tersebut, menurut hitungan Reuters berdasarkan jumlah dari otoritas kesehatan. "Situasinya kacau," ungkap Cortez.

Petugas kesehatan berada dalam kondisi rentan sebab minimnya alat perlindungan berkualitas tinggi, menurut Tumane Balde. Balde adalah ketua komisi Covid-19 antarkementerian.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement