Rabu 17 Jun 2020 08:56 WIB

Kenali Fitur Keamanan Agar Nyaman Berkendara

Fitur keselamatan modern kini menjadi perlengkapan standar SUV terbaru

Mitsubishi Eclipes Cross, salah satu SUV yang disematkan sejumlah fitur keselamatan premium.
Foto: dok MMKSI
Mitsubishi Eclipes Cross, salah satu SUV yang disematkan sejumlah fitur keselamatan premium.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Dalam beberapa tahun terakhir pasar kendaraan penumpang jenis Sport Utility Vehicle (SUV) berkembang pesat. Sejumlah pabrikan terus menggenjot produksi SUV andalannya untuk kelas premium maupun dibawahnya. 

Sosok SUV masa kini, tidak hanya menyematkan kemampuan melintasi rute jalan yang kurang bersahabat, melainkan juga sejumlah fasilitas modern yang canggih guna menambah kenyamanan dan keselamatan berkendara. Hal itu tidak terlepas dari berkembangnya kebutuhan pasar khususnya pengguna SUV yang kini banyak dibutuhkan keluarga di perkotaan yang gemar melakukan perjalanan ke luar kota. 

Bicara soal keselamatan, sejumlah pabrikan otomotif di tanah air juga telah menyematkan sejumlah fasilitas pengaman modern pada produk mereka.  Salah satunya yang menjadi pilihan pecinta SUV di Tanah Air adalah Mitsubishi Eclipse Cross. 

Kendaraan  yang bertenagakan mesin 4B40 DOHC MIVEC 1.5L Turbocharged 4 (empat) silinder ini memiliki fitur keamanan canggih untuk memberikan rasa aman saat berkendara. Seperti fitur 7 SRS Airbags yang terdiri dari front airbag, side airbag, curtain airbag, dan knee airbag untuk membantu melindungi pengendara dan penumpang jika terjadi tabrakan.  

"Mitsubishi Eclipse Cross memiliki teknologi canggih, serta dilengkapi dengan advance safety feature yang mengoptimalkan pengalaman berkendara,"kata Guntur Harling Group Head of Product strategy Division PT MMKSI dalam keterangan tertulisnya Selasa (16/6).

Untuk mencegah terjadinya tabrakan, kendaraan yang dipasarkan Juli 2019 lalu juga dibekali fitur Forward Collision Mitigation System (FCM) yang mencegah benturan ketika ada objek di depan mobil yang berhenti mendadak. Sekaligus mampu mendeteksi kendaraan lain serta pejalan kaki melalui kamera dan radar laser.

Fitur Active Yaw Control (AYC) juga menjadi faktor penting yang akan mengoptimalkan kekuatan rem. Sehingga mobil tetap terkontrol bahkan saat kondisi jalanan licin dan basah. Keamanan juga dapat lebih dimaksimalkan saat kondisi jalanan licin dengan adanya fitur Active Stability and Traction Control (ASTC) yang secara otomatis mengontrol laju mobil ketika sedang bermanuver agar tidak mudah tergelincir.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement