Selasa 16 Jun 2020 20:04 WIB

Cannavaro Dukung Buffon Samai Rekor Mancini

Buffon telah lima kali mengangkat trofi Coppa Italia

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Gianluigi Buffon
Foto: Martin Rickett/PA via AP
Gianluigi Buffon

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Mantan bek tengah timnas Italia, Fabio Cannavaro, tidak bisa menyembunyikan kekagumannya terhadap mantan rekan setimnya di timnas Italia dan Juventus, Gianluigi Buffon. Penjaga gawang berusia 42 itu pun tengah berada di ambang rekor baru terkait pencapaian di kancah Coppa Italia.

Apabila mampu mengantarkan Juventus membekuk Napoli di partai final Coppa Italia musim ini, Kamis (18/6) dini hari WIB, maka Buffon akan menyamai rekor pelatih timnas Italia, Roberto Mancini, yang sukses meraih enam titel Coppa Italia di sepanjang kariernya sebagai pesepakbola.

Hingga kini, Buffon telah lima kali mengangkat trofi Coppa Italia, yaitu satu trofi untuk Parma dan empat titel buat Juventus.

Cannavaro pun menyebut, Buffon sebagai atlet dan pribadi yang luar biasa. Kapten timnas Italia saat menjuarai Piala Dunia 2006 itu mengaku, tidak pernah menyangka, Buffon akan terus merumput hingga berusia 42 tahun. Mantan pelatih timnas Cina itu juga mendukung Buffon untuk menyamai rekor Mancini tersebut.

''Anda tidak pernah menyangka, karier Buffon akan segera berakhir. Namun, selain atlet yang luar biasa, Buffon juga pribadi yang luar biasa. Jika Anda menikmatinya, Anda akan terus melanjutkan kiprah di lapangan hijau. Namun, tidak dalam jangka waktu yang terlalu lama,'' kata Cannavaro kepada Corriere dello Sports seperti dikutip Football Italia, Selasa (16/6).

Sama-sama menyita perhatian publik sepak bola Italia kala memperkuat Parma pada akhir dekade 90an, Buffon dan Cannavaro mampu mempersembahkan satu titel Piala UEFA dan Coppa Italia buat I Gialloblu.

Keduanya kembali berbagi lapangan saat Cannavaro memperkuat Juventus pada 2004 hingga 2006. Sementara di level timnas, keduanya sukses mengantarkan Gli Azzurri menjadi yang terbaik di kancah Piala Dunia 2006.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement