Selasa 16 Jun 2020 18:17 WIB

Positif Covid-19 Tembus 40 Ribu, DKI-Jatim Terbanyak

Pada Selasa (16/6), Jatim menyumbang penambahan kasus harian terbanyak.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Agus Yulianto
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto.
Foto: @BNPB_Indonesia
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Akumulasi kasus positif Covid-19 di Tanah Air tembus angka 40.400 pada Selasa (16/6) ini. Jumlah ini didapat dalam kurun waktu kurang lebih 3,5 bulan sejak kasus pertama Covid-19 di Indonesia diumumkan pada awal Maret lalu.

Dari total kasus positif yang ada, DKI Jakarta dan Jawa Timur menjadi dua provinsi yang menyumbangkan kasus terbanyak. DKI Jakarta masih menduduki posisi pertama dengan angka kumulatif kasus positif Covid-19 sebanyak 9.222 orang. Tak jauh di ibu kota, ada Jawa Timur dengan angka kumulatif kasus positif 8.308 orang.

Dengan selisih antara kedua provinsi tersebut 'hanya' 914 kasus positif, maka tidak menutup kemungkinan Jawa Timur akan menyalip posisi DKI Jakarta dengan angka kumulatif kasus terbanyak. Apalagi dalam dua pekan terakhir, Jawa Timur kerap bertengger di posisi teratas dalam penambahan kasus harian.

Pada Selasa (16/6) ini saja, Jatim menyumbang penambahan kasus harian terbanyak dengan 245 kasus. Di bawah Jatim, ada Sulawesi Selatan dengan 175 kasus baru. DKI Jakarta baru menyusul di urutan keempat dengan 101 kasus baru.

Selama sepekan terakhir, penambahan kasus harian memang konsisten di atas 800 orang. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan, penambahan kasus harian yang cukup tinggi merupakan hasil dari pelacakan kontak atau contact tracing yang dilakukan lebih agresif terhadap seluruh pasien positif.

"Tracing ini ditindaklanjuti dengan PCR atau tes cepat molekular dan menghasilkan penambahan kasus di atas," kata Yurianto dalam keterangan pers, Selasa (16/6).

Selain penambahan kasus baru, pemerintah juga merilis ada 580 pasien Ccovid-19 yang dinyatakan sembuh pada satu hari terakhir. Bahkan beberapa provinsi melaporkan kasus sembuh yang jauh lebih banyak ketimbang penambahan kasus positif yang baru.

Papua misalnya, mencatatkan ada 32 kasus positif baru dengan 103 kasus sembuh. Ada juga Sumatra Barat yang melaporkan 6 kasus positif baru dan 36 pasien dinyatakan sembuh.

"Lalu ada 18 provinsi yang laporkan penambahan kasus di bawah 10 orang, dan 7 provinsi laporkan nol kasus baru. Namun ada penambahan kasus sembuh signifikan," jelas Yurianto.

Sementara itu, pasien yang meninggal dunia dengan status positif Covid-19 bertambah 33 orang pada hari ini, sehingga jumlah kasus meninggal dunia sebanyak 2.231 orang. Dengan demikian, rasio antara kematian dengan jumlah keseluruhan kasus positif Covid-19 di Tanah Air sebesar 5,52 persen. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement