Selasa 16 Jun 2020 18:15 WIB

Pembelajaran Jarak Jauh Harus Utamakan Progres Anak

Penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ) seharusnya tidak memaksakan kurikulum.

Rep: Inas Widyanuratikah  / Red: Ratna Puspita
Siswa sekolah menengah pertama mengikuti proses belajar jarak jauh yang ditayangkan Stasiun Televisi Republika Indonesia (TVRI) (ilustrasi).
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Siswa sekolah menengah pertama mengikuti proses belajar jarak jauh yang ditayangkan Stasiun Televisi Republika Indonesia (TVRI) (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjelaskan pembelajaran jarak jauh (PJJ) seharusnya tidak memaksakan kurikulum. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Iwan Syahril mengatakan, hal yang terpenting bagi siswa adalah mengalami kemajuan dalam belajar. 

"Kita perlu memastikan anak itu ada progres, sesuai dengan tingkat perkembangannya, dan tidak dipaksakan kurikulumnya," kata Iwan, dalam telekonferensi, Selasa (16/6). 

Baca Juga

Iwan mengatakan, saat ini di lapangan masih banyak guru yang khawatir tidak bisa menyelesaikan kurikulum di tengah pandemi. Padahal, kata dia, sebenarnya Kemendikbud telah memberi kebebasan untuk guru menyesuaikan pembelajaran yang tepat dilaksanakan selama pandemi masih berlangsung. 

Saat ini, kata dia, yang terpenting adalah bagaimana menjaga keselamatan dan kesehatan peserta didik dan warga sekolah. Kurikulum, kata dia, bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada. 

Iwan mengusulkan agar para guru melakukan penilaian kepada muridnya menjelang memasuki tahun ajaran baru. Ia mencontohkan, caranya dengan memberikan materi yang sudah pernah diberikan dan dilihat bagaimana kemampuannya. 

"Mungkin ada hal-hal yang tertinggal, karena beberapa bulan terakhir pembelajaran tidak berjalan seperti yang sebelumnya. Asesmen ini bisa untuk membantu guru dan sekolah untuk mengajar sesuai dengan tingkat pemahaman anak terhadap materi," kata Iwan. 

Ia menjelaskan, perlu ada pembeda antara anak yang banyak tertinggal, sedikit tertinggal, atau tidak tertinggal. Kemudian, tugas guru adalah menjemput anak-anak yang masih tertinggal, karena setiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. 

"Ini menjadi sebuah catatan, kurikulum tidak perlu untuk dituntaskan. Yang paling penting adalah progres untuk setiap anak sesuai dengan dimana dia berada," kata dia lagi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement