Selasa 16 Jun 2020 12:20 WIB

Dukung Smart City, Telkom Siapkan 100 persen FO se Jabar

Penerapan new normal perlu dukungan kota yang cerdas dan mematuhi protokol kesehatan

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad
Telkom Regional 3 menyelenggarakan event Webinar Smart City dengan tema “Implementasi Smart City dalam Mendukung Penerapan New Normal Ditengah Pandemi Covid-19”.   Webinar ini menghadirkan Pemateri-pemateri ahli di bidangnya, di antaranya Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo (Komisaris Independen Telkom selaku Penggagas Gerakan 100 Smart City Indonesia), Achmad Sugiarto (Direktur Strategic Portfolio Telkom), Mohamad Khamdan (Executive Vice President Telkom Regional 3 Jabar), Setiaji, ST. M.Si (Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprov Jabar), Ir. H. Ajay M Priatna, M.M. (Walikota Cimahi), dan Wahyu (Smart City Development Telkom).
Foto: istimewa
Telkom Regional 3 menyelenggarakan event Webinar Smart City dengan tema “Implementasi Smart City dalam Mendukung Penerapan New Normal Ditengah Pandemi Covid-19”. Webinar ini menghadirkan Pemateri-pemateri ahli di bidangnya, di antaranya Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo (Komisaris Independen Telkom selaku Penggagas Gerakan 100 Smart City Indonesia), Achmad Sugiarto (Direktur Strategic Portfolio Telkom), Mohamad Khamdan (Executive Vice President Telkom Regional 3 Jabar), Setiaji, ST. M.Si (Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprov Jabar), Ir. H. Ajay M Priatna, M.M. (Walikota Cimahi), dan Wahyu (Smart City Development Telkom).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Pandemi Covid-19 merubah cara-cara baru dalam berbagai bidang kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Termasuk, bagi Pemerintah Daerah dalam mengelola seluruh proses pelayanan masyarakat untuk memastikan seluruh kegiatan di berbagai bidang berjalan secara normal dengan penyesuaian terhadap kondisi pandemi Covid-19.

Penerapan new normal di suatu daerah memerlukan dukungan Kota yang cerdas untuk memastikan seluruh regulasi dapat diterapkan secara efektif dan tetap memperhatikan protokol-protokol kesehatan. Sehingga, kehidupan di berbagai bidang kehidupan dapat berjalan normal dan adaptif.

Menjawab tantangan tersebut, Telkom Regional 3 menyelenggarakan event Webinar Smart City dengan tema “Implementasi Smart City dalam Mendukung Penerapan New Normal Ditengah Pandemi Covid-19”. 

Webinar ini menghadirkan Pemateri-pemateri ahli di bidangnya, di antaranya Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo (Komisaris Independen Telkom selaku Penggagas Gerakan 100 Smart City Indonesia), Achmad Sugiarto (Direktur Strategic Portfolio Telkom), Mohamad Khamdan (Executive Vice President Telkom Regional 3 Jabar), Setiaji, ST. M.Si (Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprov Jabar), Ir. H. Ajay M Priatna, M.M. (Walikota Cimahi), dan Wahyu (Smart City Development Telkom).

Webinar ini diikuti oleh 430 peserta secara interaktif melalui CloudX dan live streaming Cognitium Studio, terdiri dari Pimpinan Daerah, Kepala Dinas Kota & Kabupaten, Akademisi, dan pemerharti Smart City.

Menurut Executive Vice President Telkom Regional 3 Jabar, Mohamad Khamdan,  kesiapan infrastruktur Telkom untuk mendukung Smart City Jabar melalui solusi-solusi Connectivity-Content-Collaboration. Kesiapan infrastruktur di antaranya berupa dukungan coverage 100 persen fiber optik (FO) seluruh Jabar, ketersediaan Data Center yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh PEMDA, sehingga PEMDA tidak perlu membangun sendiri Data Center. 

Khamdan mengatakan, solusi Content & Collaboration juga telah siap untuk diimplementasikan. Di antaranya, solusi untuk pendidikan, yaitu solusi PPDB Online dan Platform Pijar Sekolah yang saat ini sudah dimanfaatkan oleh 150 Sekolah di Jabar.

Kedua, kata dia, solusi untuk esehatan, melalui layanan SPGDT (Layanan call center Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu), e-Puskesmas, dan DigiClinic."Terakhir, solusi untuk Government dan Smart Desa, diantaranya berupa infrastruktur internet sampai desa, solusi e-kelurahan, e-Office, dan e-Arsip," katanya.

Dengan adanya Webinar ini, Khamdan berharap, akan semakin memotivasi berbagai pihak untuk terus melakukan penerapan Smart City agar situasi New Normal ini. "Sehingga, New Normal dapat dihadapi dengan baik,” kata Khamdan.

Sementara menurut Direktur Strategic Portfolio Telkom, Achmad Sugiarto, dukungan portfolio Telkom dalam pembangunan Smart City. Di antaranya Surveillance System, Platform Solusi Kesehatan, dan Platform Solusi Pendidikan. 

“Melalui infrastruktur dan layanan ICT terbaik, Telkom optimis pembangunan Smart City dapat diimplementasikan di berbagai aspek Pemerintah sehingga aktivitas dapat terlaksana dengan lebih efektif dan efisien," katanya.

Menurut Keynote Speaker, Prof Marsudi, puncak penerapan Smart City adalah “Budaya”. Smart City bukan semata-mata teknologi, namun bagaimana Smart City menjelma menjadi “Budaya” solutif dan adaptif di suatu Kota.  Visi Smart City suatu Kota tercermin dari Tagline kotanya. Misalnya, Enjoy Jakarta, Batu Kota Wisata, Solo the Spirit of Java. Salah satu hal terpenting dalam penerapan Smart City di suatu kota adalah adanya Master Plan, Arsitektur, dan Blueprint Smart City.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprov Jabar Setiaji mengatakan, Pandemi Covid-19 memberikan pembelajaran yang sangat baik untuk penerapan Smart City. Seperti beberapa solusi adaptif yang sudah diterapkan di Provinsi Jabar di masa Pandemi Covid-19 yakni Pikobar (Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat) dan 5 Command Center tersebar di beberapa Kota/Kabupaten.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement