Senin 15 Jun 2020 20:48 WIB

Deretan Meme Kesehatan Viral yang tak Perlu Dipercaya

Sejumlah meme kesehatan yang beredar di Instagram ternyata tak bisa dipercaya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pisang yang sudah sangat matang dengan bercak kecokelatan digadang-gadang dapat meningkatkan kemampuan sel darah putih untuk memperkuat sistem imun.
Foto: Thekitchn
Pisang yang sudah sangat matang dengan bercak kecokelatan digadang-gadang dapat meningkatkan kemampuan sel darah putih untuk memperkuat sistem imun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beragam meme dengan berbagai klaim kesehatan yang viral di media sosial Instagram. Klaim-klaim kesehatan tersebut memuat informasi keliru sehingga tak perlu dipercaya.

Mikhail Varshavski DO atau Dokter Mike telah mengupas cukup banyak meme viral dengan klaim kesehatan ini. Salah satunya adalah meme yang mengeklaim bahwa pisang yang sangat matang dengan bercak kecokelatan dapat meningkatkan kemampuan sel darah putih untuk memperkuat sistem imun.

Baca Juga

Mike mengatakan pola makan yang kaya akan sayur dan buah, seperti pisang, memang dapat menunjang kesehatan sistem imun. Akan tetapi, pisang saja tidak cukup untuk mencegah seseorang jatuh sakit.

Meme lain mengungkapkan bahwa mandi dengan garam epsom, minyak esensial lavender dan baking soda dapat mengeluarkan racun tubuh, meredakan stres sekaligus menyeimbangkan pH tubuh.

Klaim ini pun dinilai berlebihan. Mike mengatakan tanpa hal-hal tersebut kadar pH tubuh akan terkontrol di rentang 7,35 sampai 7,45. Oleh karena itu, Mike menyarankan agar warganet tidak mudah termakan oleh klaim bahwa suatu produk bisa menyeimbangkan kadar pH.

"Bila (pH tubuh) keluar dari rentang itu walaupun sedikit, seperti menjadi 6,9, Anda akan mati," ungkap Mike, seperti dilansir Men's Health.

Mike juga membahas meme yang mengeklaim beragam manfaat dari mengonsumsi kelapa. Sebuah meme menyatakan bahwa menambahkan kelapa ke dalam makanan bisa membantu menjaga massa tubuh.

Mike mengatakan bukan hanya kelapa yang bisa menjaga massa tubuh. Semua makanan atau minuman yang memiliki kalori akan membantu menjaga massa tubuh.

"Itulah yang dilakukan makanan, kawan," kata Mike.

Mike juga tak bisa berkata-kata ketika melihat meme mengenai ketiak berbau. Meme tersebut menyatakan bahwa masalah bau ketiak bisa diatasi dengan mengoleskan campuran minyak kelapa dengan jus lemon.

Mike mengatakan alasan ketika mengeluarkan bau tak sedap adalah bakteri. Oleh karena itu, satu-satunya cara untuk menghilangkan masalah bau ketiak adalah dengan mandi.

"Mandikan dirimu dan kamu tidak akan memiliki ketiak yang berbau," tutur Mike.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement