Ahad 14 Jun 2020 19:49 WIB

Mulai Buka Besok, Ini Ketentuan Mal Saat New Normal

Sebagian mal juga menyempurnakan peralatan dengan touchless.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Andi Nur Aminah
Warga melintas di salah satu pusat belanja yang ditutup sebagian besar operasionalnya akibat Covid-19
Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Warga melintas di salah satu pusat belanja yang ditutup sebagian besar operasionalnya akibat Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah mal di Jakarta akan mulai dibuka Senin (15/6). Berbagai persiapan pun telah dilakukan agar dapat beroperasi maksimal dalam kondisi normal baru atau new normal.

Ketua Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat Pusat Belanja Anggota APPBI berkomitmen menjalankan protokol kesehatan Covid-19. "Sebagian mal juga menyempurnakan peralatan dengan touchless, tujuannya meningkatkan terhindarnya bersentuhan dan juga supaya pengunjung lebih yakin dan berani ke mal," jelasnya saat dihubungi Republika.co.id pada Ahad, (14/6).

Baca Juga

Emporium Pluit Mall di Jakarta Utara, kata dia, merupakan salah satu mal yang menyempurnakan peralatannya dengan touchless. Meliputi touchless wastafel, sabun cuci tangan, tombol lift, pembayaran, dan lainnya.

Ellen mengungkapkan, nantinya rata-rata jam operasional mall dari jam 11.00 WIB sampai 20.00 WIB. Lebih cepat dari sebelumnya yang mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Beberapa tempat di dalam mal, lanjutnya, juga belum bisa dibuka. "Cinema, fitness, mainan anak, message, karaoke, perawatan tubuh dan wajah belum bisa buka. Kalau salon boleh buka sebatas potong rambut," ujar dia. 

Karyawan yang bisa diserap, sambungnya, juga terbatas. Hanya sekitar 50 persen karyawan, sebab mall belum beroperasi penuh. "Strategi, harus mengikuti protokol kesehatan secara ketat dan tegas. Sehingga masyarakat merasa yakin mall tersebut aman untuk dikunjungi," tegas Ellen.

Beberapa protokol pusat perbelanjaan dalam kondisi new normal meliputi jaga jarak antrean masuk mall sejauh 1 meter, harus pakai masker, suhu tubuh harus di bawah 37,5 derajat celcius, dan mengikuti direction yang sudah dibuat pengelola. Lalu semua karyawan harus pakai masker dan faceshield.

Berikutnya, kapasitas lift yang biasanya 15 orang menjadi enam orang, saat naik eskalator pun pengunjung harus berdiri di step yang diberi tanda dan berjarak tiga step antar orang. Antre toilet juga harus berjarak satu meter.

Kemudian pembayaran diusahakan cashless, dengan kapasitas dine-in di restoran dan food court hanya 50 persen. Selanjutnya, Musholla tanpa karpet dan diberi tanda berjarak satu meter, harus ada ruangan isolasi lengkap dengan Alat Pelindung Diri (APD), harus ada parkir sepeda, parkir motor berjarak satu meter.

Mal harus pula mempunyai gugus kendali Covid-19 sehingga ikut mengawasi pengunjung yang melepas masker di dalam mall. Terakhir, setiap hari gedung dan area publik harus dibersihkan dengan disinfektan.

Beberapa mall yang bakal buka besok di antaranya FX Sudirman, Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Gandaria City, Lotte Shopping Avenue, Kota Kasablanka, Mall Blok M, serta Pondok Indah Mall. Berbagai mall di Jakarta Utara seperti Mall of Indonesia, Mal Artha Gading, dan WTC Mangga Dua pun siap beroperasi pada Senin. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement