Friday, 19 Syawwal 1443 / 20 May 2022

Car Free Day di Jakarta Mulai Dibuka Bertahap Pekan Depan

Ahad 14 Jun 2020 14:35 WIB

Red: Andri Saubani

Warga berolahraga di kawasan Bundaran HI, Jakarta. Car free day di Jakarta akan dibuka kembali secara bertahap mulai pekan depan (21/6).

Warga berolahraga di kawasan Bundaran HI, Jakarta. Car free day di Jakarta akan dibuka kembali secara bertahap mulai pekan depan (21/6).

Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga
Akan disediakan jalur khusus sepeda pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka kembali car free day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) secara bertahap di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, mulai pekan depan. Disediakan jalur khusus sepeda dan pejalan kaki tetap menggunakan trotoar.

"HBKB belum dilakukan sepenuhnya, tapi disediakan jalur khusus untuk sepeda dan pejalan kaki tetap menggunakan trotoar," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Ahad (14/6).

Baca Juga

Rencananya pada pekan depan dibuka kembali jalur khusus sepeda dan pejalan kaki khusus warga yang akan berolahraga. Pembukaan jalur sepeda dan pejalan kaki menjadi tahap awal pemberlakuan HBKB dengan tetap menjaga jarak fisik.

Selain itu, kendaraan bermotor juga akan dilarang melintas di kawasan Bundaran HI. "Tapi belum boleh ada yang berjualan agar jarak aman terjaga," katanya.

Anies belum menentukan jam operasional tahap awal pembukaan kembali HBKB di Jakarta. "Nanti diatur lagi, saya umumkan kalau sudah ada regulasi," katanya.

HBKB atau car free day" (CFD) dihentikan 11 Maret dan berlaku pada 15 Maret 2020 untuk menghindari penyebaran virus corona (Covid-19) yang mulai merebak di DKI Jakarta sejak 2 Maret 2020.

TAKE

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA