Ahad 14 Jun 2020 14:30 WIB

Orchid Forest Cikole Terapkan Protokol Kesehatan

Keselamatan pengunjung selalu menjadi prioritas di industri pariwisata.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Fuji Pratiwi
Orchid Forest Cikole di Jalan Lembang, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Saat mulai beroperasi kembali pada Sabtu (13/6), manajemen Orchid Forest Cikole menerapkan protokol kesehatan.
Foto: Republika/Fauzi Ridwan
Orchid Forest Cikole di Jalan Lembang, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Saat mulai beroperasi kembali pada Sabtu (13/6), manajemen Orchid Forest Cikole menerapkan protokol kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Saat virus corona merebak, salah satu obyek wisata favorit di Lembang, Orchid Forest Cikole turut berhenti beroperasi per tanggal 31 Maret 2020. Saat mulai beroperasi kembali pada Sabtu (13/6), manajemen Orchid Forest Cikole menerapkan protokol kesehatan.

CEO dan founder Orchid Forest Cikole, Barry Akbar, menyampaikan, penutupan dilakukan sebagai bentuk kepatuhan kepada kebijakan preventif pemerintah agar penyebaran Covid-19 bisa dicegah.

Baca Juga

Selama tidak beroperasi, Orchid Forest Cikole menyiapkan dan memikirkan berbagai bentuk prosedur kesehatan. "Per 13 Juni 2020 kami buka kembali dengan kebijakan dan aturan berkunjung yang baru," ujar Barry dalam siaran pers, Ahad (14/6).

Barry mengatakan, keselamatan pengunjung selalu menjadi prioritas di industri pariwisata Indonesia. Oleh karena itu, Orchid Forest Cikole paham betul betapa pentingnya penggunaan masker di saat pandemi ini untuk menjaga diri dari penyebaran Covid-19.

Seluruh pengunjung yang masuk pun wajib memasuki Gate Desinfectan. Orchid Forest Cikole menyediakan masker secara gratis untuk semua pengunjung yang datang. Terlebih, menggunakan masker sebagai salah satu standar operasi di saat Orchid Forest Cikole dapat buka kembali. 

"Pembagian masker secara gratis di Orchid Forest Cikole merupakan bentuk preventif yang kami lakukan untuk menekan penyebaran Covid-19," kata Barry.

Orchid Forest Cikole juga menetapkan standar prosedur keamanan lainnya seperti pengecekan suhu tubuh seluruh pengunjung sebelum diperbolehkan masuk Orchid Forest Cikole, memastikan social distancing dilaksanakan melalui walking space yang dipermudah dengan penandaan di jalur publik dan juga di setiap area duduk.

Selain itu, manajemen juga menyediakan hand sanitizer di titik ramai Orchid Forest dan juga pengecekan ketat atas kesehatan seluruh staf dan pengujung Orchid Forest Cikole. Dalam keadaan darurat, Orchid Forest Cikole bekerj asama dengan Poliklinik Sespim Polri yang ditetapkan sebagai tenaga medis terdekat dari lokasi Orchid Forest Cikole.

Proses pembayaran pun di area Orchid Forest Cikole sudah diatur dengan mengutamakan penggunaan sistem pembayaran nontunai meggunakan e-money untuk mengurangi kontak fisik menggunakan uang kertas. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement