Friday, 19 Syawwal 1443 / 20 May 2022

New Normal, Jokowi: Kita Ingin Sehat, tapi Juga Produktif

Ahad 14 Jun 2020 11:10 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Agus Yulianto

Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Kehidupan masyarakat harus tetap berjalan dengan mengadaptasi tatanan baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunggah sebuah video yang berisi penjelasan mengenai tatanan hidup baru atau yang selama ini biasa dikenal sebagai kenormalan baru. Dalam unggahannya ini, Presiden menyampaikan bahwa dirinya dan seluruh masyarakat tentunya ingin pandemi Covid-19 segera berakhir.

"Tapi kapan itu terjadi, tak seorang pun yang bisa memastikan," tulis Presiden dalam unggahan di akun Instagram, Ahad (14/6).

Dalam beberapa kali kesempatan memang presiden sempat menyebutkan bahwa kewaspadaan harus terus dijaga sampai vaksin Covid-19 ditemukan dan bisa digunakan secara luas oleh masyarakat. Sembari menunggu ditemukannya vaksin itulah, ujarnya, kehidupan masyarakat harus tetap berjalan dengan mengadaptasi tatanan baru. "Kita ingin sehat, tapi juga tetap produktif," ujarnya.

Video yang diunggah presiden di berbagai akun resmi media sosialnya ini bercerita tentang dilema yang dialami seorang pekerja di tengah pandemi ini. Di satu sisi, pekerja ini kehilangan pemasukan karena usahanya terdampak Covid-19. Di sisi lain, masih ada kekhawatiran untuk beraktivitas di luar rumah.

Solusi dari hal tersebut adalah menjalankan tatanan hidup baru, berupa tetap menjalankan protokol kesehatan di tengah aktivitas luar rumah. Bagi masyarakat yang masih bisa bekerja dari rumah, diimbau untuk tetap melanjutkan sistem kerja dari rumah. Sedangkan masyarakat yang memang harus bekerja di luar rumah, mereka diminta mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

"Sejak awal pemerintah tidak ingin terjebak dalam pilihan buah simalakama antara kesehatan atau ekonomi. Pemerintah ingin kesehatan terjamin dan ekonomi berjalan juga," bunyi narasi dalam video tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA