Ahad 14 Jun 2020 01:44 WIB

Dorong Kebiasaan Hidup Sehat, Dosen Unnes Bagi Masker Gratis

Sasaran aksi ini adalah masyarakat yang beraktivitas tanpa memakai masker.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Ratna Puspita
Masker Kain (ilustrasi)
Foto: VOA
Masker Kain (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Peduli terhadap masyarakat yang belum membiasakan diri memakai masker di tempat umum, para dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang (Unnes) membagikan 500 masker kain gratis, Sabtu (13/6). Sasaran aksi ini adalah masyarakat yang beraktivitas tanpa memakai masker di pusat keramaian dan tempat umum di Bandungan, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Koordinator kegiatan Alfiana Ainun Nisa, SKM MKes mengatakan, kegiatan pembagian masker gratis ini dilaksanakan oleh Lembaga Program Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unnes guna membantu menyosialisasikan pentingnya penggunaan masker. Menurutnya, pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, penting bagi masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan serta pencegahan guna memutus mata rantai penularan virus tersebut.

Baca Juga

Protokol itu seperti menerapkan physical distancing serta membiasakan pola hidup bersih dan sehat guna mengurangi risiko penularan. Pola hidup sehat, di antaranya mencuci bersih tangan dengan sabun dan hand sanitizer, membiasakan untuk memakai masker jika sedang beraktivitas di tempat- tempat yang menjadi konsentrasi berkumpulnya orang dalam jumlah yang banyak maupun di tempat- tempat umum lainnya.

photo
Mencuci masker kain (ilustrasi) - (republika)

Yang menjadi persoalan, masih ada sebagian warga di tengah-tengah masyarakat masih ada yang kurang peduli terhadap pentingnya masker guna melindungi diri dari risiko penularan Covid-19. "Hal inilah yang mendasari para dosen Unnes untuk bergerak membantu masyarakat bersama dengan LPPM Unnes melalui pembagian masker gratis ini," jelasnya.

Ia juga menambahkan, dalam kegiatan ini, tim LPPM Unnes menggandeng jurusan Tata Busana SMK Al Mina Bandungan untuk mengerjakan pembuatan masker berbahan kain katun tiga lapis dua sisi lapis sesuai standar aman kesehatan. Aksi pembagian dihadiri oleh Camat Bandungan serta melibatkan tak kurang 44 orang yang terdiri atas Pam Swakarsa Bima, dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Unnes serta para guru serta siswa SMK Al Mina Bandungan.

"Sementara kegiatan pembagian masker gratis dipusatkan di dua titik, masing- masing di kawasan Pasar PJKA serta di pertigaan Palbapang Bandungan, yang selama ini menjadi pusat keramaian dan aktivitas warga," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement