Sabtu 13 Jun 2020 23:51 WIB

Gol Haaland Amankan Kemenangan Tipis Dortmund

Masuknya Haaland sebagai pemain pengganti menambah daya gedor Dortmund.

Penyerang Borussia Dortmund Erling Haaland
Foto: EPA-EFE/MARTIN MEISSNER
Penyerang Borussia Dortmund Erling Haaland

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gol semata wayang Erling Haaland mengamankan kemenangan tipis 1-0 Borussia Dortmund atas Fortuna Duesseldorf dalam pertandingan Liga Jerman di Merkur Spiel-Arena, Duesseldorf, Sabtu (13/6). Tambahan tiga poin membuat Dortmund untuk sementara memangkas jarak dengan Bayern Muenchen menjadi empat poin.

Dortmund menghuni peringkat kedua sedangkan Muenchen, yang baru akan bermain pada Sabtu malam waktu setempat, merupakan pemuncak klasemen sementara Bundesliga. Dortmund kini memiliki 66 poin, sedangkan Duesseldorf tetap menghuni peringkat ke-16 dengan 28 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Baca Juga

Duesseldorf gagal menguji kiper Dortmund Roman Buerki pada babak pertama, saat Dortmund benar-benar menguasai permainan. Satu-satunya peluang bagus bagi Duesseldorf didapat Kenan Karaman yang masih dapat diblok Mats Hummels.

Dortmund semestinya dapat memecah kebuntuan saat Jadon Sancho mengirim bola kepada Achraf Hakimi. Namun, ia gagal menaklukkan kiper Florian Kastenmeier yang menutup ruang tembak.

Duesseldorf memperbaiki penampilan pada babak kedua saat Karaman mengancam melalui tembakannya menyusul kesalahan yang dilakukan Axel Witsel. Masuknya Haaland sebagai pemain pengganti menambah daya gedor Dortmund. 

Mereka kemudian berpikir telah memecah kebuntuan saat sepakan voli Raphael Guerreiro melesak masuk ke gawang tuan rumah. Namun gol itu tidak disahkan karena setelah dilakukan peninjauan VAR, terlebih dahulu terjadi pelanggaran.

Haaland akhirnya menjadi pemecah kebuntuan sebenarnya bagi Dortmund pada menit ke-95, saat ia menyundul bola umpan dari Manuel Akanji. 1-0 untuk Dortmund.

Pada pertandingan lainnya, Wolfsburg membuang peluang untuk mengokohkan posisinya di peringkat keenam saat mereka menyia-nyiakan keunggulan dua gol saat menjamu Freiburg. Die Wolfe unggul terlebih dahulu melalui gol-gol Wout Weghorst pada menit ke-14 dan eksekusi penalti pemain yang sama pada menit ke-27.

Namun, angan-angan untuk memetik poin penuh untuk dua pertandingan berturut-turut menjadi buyar, setelah Freiburg memperkecil ketertinggalan pada menit ke-43 melalui gol Lucas Hoeler, dan kemudian benar-benar mengamankan hasil imbang lewat gol Roland Sallai pada menit ke-46.

Hertha Berlin menelan kekalahan untuk kedua kalinya secara berturut-turut saat mereka dipaksa menyerah 1-4 oleh tamunya Eintracht Frankfurt. Tim juru kunci Paderborn semakin dekat untuk turun kasta setelah dihajar 1-5 oleh tamunya Werder Bremen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement