Jumat 12 Jun 2020 22:10 WIB

Kabupaten Mamasa Jadi Zona Hijau Covid-19

Di Mamasa dilaporkan tidak ada kasus Covid-19.

Tes corona (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Tes corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), dinyatakan daerah yang terkendali Covid-19. Ini karena di Mamasa dilaporkan tidak ada kasus Covid-19.

"Sejak adanya wabah Covid-19 melanda di akhir bulan Maret di Sulawesi Barat, Kabupaten Mamasa tidak melaporkan adanya kasus Covid-19 di wilayahnya," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar, Muhammad Alif Satria di Mamuju, Jumat (12/6).

Alif mengatakan kiatnya dengan membangun kesadaran dari diri sendiri untuk mencegah penularan Covid-19 sangatlah penting . "Diharapkan peran kepala keluarga akan jadi penentu keberhasilan menghadapi Covid-19 dan kita mesti yakin bahwa ke depan kita akan lebih baik lagi," jelasnya.

Menurut Alif, protokol kesehatan tetap harus diterapkan seiring dengan dimulainya era normal baru (newnormal). "Pada era normal baru, masyarakat bisa beraktivitas dengan mengedepankan upaya pencegahan penularan Covid-19 seperti jaga jarak fisik dengan orang lain, olah raga, rajin cuci tangan, dan memakai masker," katanya.

Alif menyampaikan bahwa pemerintah telah mendiskusikan bagaimana penerapan jaga jarak fisik aman (physical distancing) di era normal baru.

'Di fasilitas umum seperti supermarket atau mal, orang yang masuk ke sana harus diyakini sehat, salah satunya dengan indikator pengecekan suhu tubuh, demikian juga pengaturan jaga jarak harus tetap diterapkan," kata Alif. "Pemerintah tetap melakukan monitoring perkembangan Covid-19 dan melakukan evaluasi era normal baru, semua lokasi publik harus menyediakan fasilitas mudah untuk cuci tangan pakai sabun. Cuci tangan pakai sabun efektif membunuh virus Covid-19."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement