Jumat 12 Jun 2020 06:04 WIB

Desember, Danau Tondano Ditargetkan Bebas Eceng Gondok

Hampir 60 hektare-70 hektare Danau Tondano dipenuhi oleh enceng gondok.

Danau Tondano. Hampir 60 hektare-70 hektare Danau Tondano dipenuhi oleh enceng gondok.
Foto: vtourist.com
Danau Tondano. Hampir 60 hektare-70 hektare Danau Tondano dipenuhi oleh enceng gondok.

REPUBLIKA.CO.ID, MINAHASA -- Danau Tondano di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut) ditargetkan bebas gulma eceng gondok pada Desember 2020. Saat ini, sudah 70 lersen wilayah danau bersih dari gulma tersebut.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Steven OE Kandouw dan Bupati Minahasa Roy Roring meninjau langsung pembersihan eceng gondok di danau multiguna untuk Sulut tersebut. Beberapa bulan yang lalu, hampir 60 hektare-70 hektare danau dipenuhi oleh enceng gondok. 

"Makanya hari ini saya meninjau apakah program Pemprov dan Kabupaten Minahasa sudah selaras atau belum," kata Gubernur, Kamis (11/6).

Target akhir tahun ini Danau Tondano bebas eceng gondok bisa terpenuhi karena sudah sekitar 70 hektare bersih. Pemprov sendiri mengadakan alat-alat untuk membersihkan danau itu.

 

"Saya berharap masyarakat selalu menjaga kebersihan Danau Tondano karena pertumbuhan eceng gondok cepat," ajaknya.

Menurut Gubernur, menjadi tugas masyarakat dan pemerintah bekerja sama memanfaatkan danau ini, termasuk menjaga kebersihannya. Danau Tondano fungsinya diibaratkan jantung Sulut, manfaatnya multi guna mulai dari menopang suplai listrik, menggerakkan sektor pariwisata, pertanian dan perikanan hingga penyediaan air bersih untuk wilayah sekitar dan Kota Manado yang ada di hilir.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement