Kamis 11 Jun 2020 23:45 WIB

Bengkalis Berubah Status Jadi Zona Kuning Covid-19

Status zona kuning Bengkalis bersamaan dengan 135 Kabupaten/kota lainnya.

Ilustrasi virus corona masuk Indonesia
Foto: MgIT03
Ilustrasi virus corona masuk Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,BENGKALIS -- Kabupaten Bengkalis, Riau, saat ini sudah ditetapkan sebagai wilayah zona kuning penyebaran Covid-19 yang sebelumnya berstatus zona merah yang artinya sangat berbahaya

"Turunnya status Bengkalis menjadi zona kuning secara umum belum sepenuhnya aman dari penyebaran Covid-19," ujar Sekretaris Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bengkalis Tajul Mudaris di Bengkalis, Kamis (11/6).

Penetapan Bengkalis status zona kuning bersamaan dengan 135 Kabupaten/kota lainnya di Indonesia secara nasional. "Artinya masyarakat harus tetap waspada dan selalu menjalankan protokol kesehatan dalam aktifitas sehari-hari," kata Tajul

Menurut Tajul, penerapan protokol kesehatan dalam masyarakat terus dilakukan pemerintah Bengkalis bersama stakeholder terkait. Dimana pengawasan dilakukan Satpol PP, Polisi dan TNI ditempat tempat tertentu yang memiliki potensi keramaian.

"Terutama di tempat tempat perekonomian yang bersifat kerumunan. Meskipun sudah dibuka, pemerintah daerah terus mengawasi lokasi lokasi tersebut memastikan protokol kesehatan dilaksanakan. Kita terus mengimbau masyarakat untuk selalu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," terangnya.

Pemberlakuan secara resmi normal baru atau menuju tatanan kehidupan baru sampai saat ini memang belum ada. Akan tetapi yang saat ini diberlakukan berupa protokol kesehatan dalam beraktifitas sehari-hari.

"Sampai saat ini memang belum ada kita membuat Perbup terkait normal baru. Karena dari pusat belum ada juga secara resmi untuk pemberlakuannya. Kita masih menunggu, meskipun demikian kita pastikan penerapan protokol kesehatan sudah mulai diberlakukan," pungkas Tajul Mudaris.

Sebelumnya, Plh Bupati Bengkalis Bustami HY memimpin apel kesiapsiagaan dalam rangka penerapan normal baru di Kabupaten Bengkalis yang digelar di halaman Kantor Camat Mandau, Kamis (11/6).

"Kita berharap dengan penerapan normal baru ini, kehidupan kita bisa kembali seperti semula, dimana seluruh aktifitas bisa mulai dilakukan akan tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan," ujar Bustami.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement